Handayani, Mira (2011) Peningkatan Hasil Belajar PKN dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada siswa Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MIRA_HANDAYANI_07472_3801_2011.pdf
Download (441kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran
PKn yang dilakukan Khususnya pada kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kec. Pauh
Kota Padang masih berlangsung secara konvensional. Guru masih mendominasi
pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Sementara siswa hanya
menerima informasi dari guru. Sehingga siswa tidak aktif dalam pembelajaran dan
siswa tidak mampu menyelesaikan masalah yang diberikan guru. Hal ini
menyebabkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kec. Pauh
Kota Padang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran PKn dengan menggunakan model
PBL pada siswa kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kec. Pauh Kota Padang.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari semester II tahun ajaran
2011/2012 di SDN 15 Ulu Gadut kecamatan Pauh Kota Padang, dengan subjek
penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 35 orang, yang terdiri dari siswa lakilaki
16 orang dan siswa perempuan adalah 19 orang. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
model PBL ini dapat meningkatkan proses pembelajaran PKn, ini dapat terlihat
dalam proses pembelajaran siswa sudah aktif, siswa bisa menyelesaikan
permasalahan yang diberikan dengan berdiskusi, Hasil belajar siswa juga
meningkat, hal ini dapat terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhir
tindakan. Dimana dari aspek kognitif hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh
ketuntasan 65% dengan rata-rata 64,5. Siklus II ketuntasan hasil belajar
meningkat menjadi 74% dengan rata-rata 7,4 dan siklus III juga mengalami
peningkatan menjadi 92% dengan rata-rata 9,4. Sedangkan dari aspek afektif pada
siklus I pertemuan I diperoleh ketuntasan 66% dengan rata-rata 6,8, pada
pertemuan II meningkat menjadi 69% dengan rat-rata 7. Ketuntasan pada siklus II
74% dengan rata-rata 7,4 dan ketuntasan pada siklus III 81% dengan rata-rata 7,9
Selanjutnya hasil belajar dari aspek psikomotor diperoleh ketuntasan pada siklus I
pertemuan I 64% dengan rata-rata 6,5, pada pertemuan II ketuntasan menjadi 68%
dengan rata-rata7. Meningkat pada siklus II 74% dengan rata-rata 8,1 dan siklus
III 82% dengan rata-rata 9,0. Berdasarkan data tersebut maka hasil belajar PKn
yang diperoleh dengan menggunakan model PBL ini dari siklus I sampai siklus III
mengalami peningkatan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:07 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:07 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28869 |
