Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 7 Padang

Hermaini, Weni (2013) Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_12_WENI_ HERMAINI_97561_5509_2013.pdf] Text
final_B1_12_WENI_ HERMAINI_97561_5509_2013.pdf

Download (845kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang menunjukkan
rendahnya kesiapan siswa dalam memasuki dunia kerja, hal ini dapat terlihat dari
rendahnya pengetahuan siswa terkait mata pelajaran produktif, kurangnya motivasi
dan kepercayaan diri siswa dan masih kurangnya kemampuan siswa dalam
keterampilan saat melaksanakan pelajaran praktek. Penelitian ini bertujuan untuk
mengungkapkan kesiapan siswa Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Rambut SMK
Negeri 7 Padang dalam memasuki dunia kerja yang dinilai dari kesiapan kognitif,
afektif dan psikomotor.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa jurusan Tata Kecantikan Rambut Kelas XI dan XII SMK Negeri
7 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 orang dan
semuanya dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan data adalah
menggunakan angket (kuesioner), analisis data dengan menggunakan persentase
tingkat pencapaian responden dan pengkategorian tingkat pencapaian responden
menurut Sudjana.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa kesiapan siswa dalam
memasuki dunia kerja berdasarkan kesiapan pengetahuan (kognitif) diperoleh tingkat
pencapaian responden pada kesiapan kognitif sebesar 63% dengan kategori rendah.
Pada kesiapan sikap (afektif) untuk motivasi kerja siswa diperoleh tingkat pencapaian
responden sebesar 82% dengan kategori tinggi, sedangkan untuk kepercayaan diri
siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 63% dengan kategori rendah. Pada kesiapan
keterampilan siswa diperoleh tingkat pencapaian responden sebesar 87% yang
memiliki hasil belajar pada mata pelajaran produktif yang berada diatas batas KKM
dengan kategori tinggi. Dari hasil penelitian dapat disarankan bagi pihak-pihak
terkait kualitas pembelajaran pada SMK Negeri 7 padang untuk dapat meningkatkan
kualitas proses pembelajaran agar kesiapan siswa dalam memasuki dunia kerja lebih
baik dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 12 Nov 2025 08:05
Last Modified: 12 Nov 2025 08:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28863

Actions (login required)

View Item
View Item