Susanti, Yulia (2011) Pengembangan Kreativitas Menggambar Anak melalui Story Reading di TK Waladun Shaleh Kubang Putih Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YULIA_SUSANTI_79143_3896_2011.pdf
Download (143kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas anak dalam menggambar pada tahun pelajaran 2010/ 2011 semester ganjil. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengembangan kreativitas anak dalam (1) menggambar bebas dengan berbagai media, (2) menggambar dengan dasar titik, segitiga, segi empat dan lingkaran yang dilakukan melalui kegiatan bercerita dengan story reading. Kegiatan bercerita dengan story reading adalah bercerita dengan menggunakan alat peraga buku bercerita bergambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK, yang menitik beratkan pada metode pembelajaran dan menekankan pada metode bercerita sebagai upaya mengembangkan kreativitas menggambar. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari 8 orang perempuan dan 12 orang laki-laki. Setting penelitian ini adalah pada bulan Mei sampai dengan Juni 2011. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan rentang waktu selama 2 bulan dan jumlah pertemuan sebanyak 4 kali pertemuan tiap siklusnya. Kegiatan bercerita dilakukan dengan story reading. Pembuatan instrumen penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi. Sumber data adalah data diamati selama anak melakukan kegiatan menggambar. Analisa data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas anak dalam menggambar berkembang dengan baik, yang meliputi kreativitas anak dalam menggambar bebas dengan berbagai media, menggambar dengan dasar titik, segitiga, segi empat dan lingkaran. Hal ini terbukti lebih dari separoh anak terlihat kreativitas anak berkembang dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan kreativitas anak dalam menggambar dapat dilakukan melalui kegiatan bercerita dengan menggunakan story reading ataupun gambar seri. Sedangkan saran yang dapat disampaikan pada penelitian ini adalah diharapkan guru dan orang tua dapat menggunakan kegiatan bercerita baik bercerita dengan story reading mapun bercerita dengan gambar seri sebagai upaya mengembangkan kreativitas anak dalam menggambar bebas, menggambar dari bentuk dasar segitiga, segiempat, lingkaran dan menggambar bentuk orang. Guru dapat menjelaskan berbagai peristiwa kepada anak melalui gambar. Gambar–gambar yang berangkai dan oleh sebab itu guru hendaknya mempersiapkan gambar-gambar yang bersambung dengan tampilan yang menarik
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK, STORY READING |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:01 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:01 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28843 |
