Siska, Yulia (2011) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa antara yang Diberi Tes Uraian dengan Tes Objektif dalam Strategi Pembelajaran Genius Learning di Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 3 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YULIA_SISKA_77457_144_2011.pdf
Download (211kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar biologi siswa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah minat belajar siswa kurang, sehingga belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan tidak mampu memahami materi pelajaran biologi. Pemberian tes uraian dan tes objektif dalam strategi pembelajaran Genius Learning diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran biologi, sehingga hasil belajar siswa meningkat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa yang diberi tes uraian dengan tes objektif dalam strategi pembelajaran Genius Learning di kelas VIII semester 1 SMP Negeri 3 Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancanganThe Static Group Comparation, denganpopulasiseluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi. Karena data kedelapan kelas yang menjadi populasi penelitian terdistribusi normal dan homogen, maka untuk menentukan kelas sampel digunakan teknik simplerandom sampling.Dari hasil penarikan sampel didapatkan kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII.4 sebagaikelas eksperimen II.Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer dengan instrumen berbentuk tes hasil belajar. Teknik analisis data, menggunakan uji t dengan kriteria bilat ௧௨>ݐ௧ hipotesis diterima dan sebaliknya. Berdasarkan tes hasil belajar biologi siswa pada akhir penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen I 76,89 dan kelas eksperimen II 64,16. Dari hasil hipotesis diperoleht ௧௨3,97 sedangkant ௧1,66, yang berarti t ௧௨ t ௧. Oleh karena itu, hipotesis yang dikemukakan dapat diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi yang berarti antara siswayang diberi tes uraian dengan yang diberi tes objektif dalam strategi pembelajaran Genius Learning di kelas VIII SMP Negeri 3 Bukittinggi. Hasil belajar siswa yang diberi tes uraian lebih baik dari pada siswa yang diberi tes objektif
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR BIOLOGI, TES URAIAN DENGAN TES OBJEKTIF |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 08:01 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 08:01 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28840 |
