Desriani, Mira (2011) Persepsi Pengunjung Terhadap Taman Nasional Bukit Tigapuluh Di Kabupaten Indragiri Hulu. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MIRA_DESRIANI_80718_2689_2011.pdf
Download (1MB)
final_B1_MIRA_DESRIANI_80718_2689_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung terhadap
daya tarik (keunikan, kemudahan, kekayaan alam dan budaya) dan prasarana
sarana (akses, transportasi, akomodasi, catering service, komunikasi, kesehatan,
keamanan dan sarana ibadah) Taman Nasional Bukit Tigapuluh di Indragiri Hulu
Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif, data yang digunakan
untuk melengkapi penelitian ini adalah terdiri dari data primer dan data sekunder.
Data primer diperoleh dari pengunjung dengan cara menyebarkan angket
sebanyak 87 responden yang diambil dari pengunjung Taman Nasional Bukit
Tigapuluh di Indragiri Hulu. Sedangkan data sekunder diperoleh penelaahan
berbagai dokumen instansi terkait dan literatur yang berhubungan dengan masalah
penelitian. Sesuai masalah dan tujuan penelitian yang di rumuskan,data yang
dikumpulkan dalam penelitian ini mengunakan teknik observasi, angket dan
dokumentasi. Data tersebut kemudian diolah secara persen yang diurai secara
deskriptif atau gambaran yang berbentuk uraian yang didapatkan dari responden.
Berdasarkan temuan di lapangan maka hasil penelitian ini adalah : (1)
persepsi pengujung mengenai daya tarik Taman Nasional Bukit Tigapuluh
mengungkapkan bahwa lokasi ini memiliki nilai keunikan sangat baik,
keanekaragaman kekayaan alam yang perlu dilestarikan, budaya harus
dikembangkan,dan aksesibilitas berupa jalan masih menyulitkan pengunjung
karena kondisi jalan yang buruk. (2) Persepsi pengunjung mengenai prasarana dan
Sarana yang dapat lihat pada Taman Nasional Bukit Tigapuluh adalah jalannya
yang harus diperbaiki agar kedaraan roda dua dan empat dapat berjalan dengan
lancar, rambu-rambu perhatian perlu ada penambahan agar pengunjung yang
datang dapat menyikapi atau mematuhi peraturan-peraturan yang telah dibuat,
sedangkan pelayanan penginapan tidak perlu ada penambaahan karena sudah
mencukupi. Sedangkan prasarana dan sarana yang perlu di disediakan yaitu
tempat parkir, transportasi umum, fasilitas rumah makan,poliklinik umum,
mushollah, selanjutnya petugas keamanan dan sinyal telephon.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Persepsi Pengunjung, Taman Nasional |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 05:53 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 05:53 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28823 |
