Peningkatan Kemampuan Berbicara Dengan Pendekatan CTL Bagi Siswa Kelas V SDN No 44 Sungai Lareh Kec Koto Tangah Kota Padang

Bennil, Bennil (2011) Peningkatan Kemampuan Berbicara Dengan Pendekatan CTL Bagi Siswa Kelas V SDN No 44 Sungai Lareh Kec Koto Tangah Kota Padang. Diploma/Proyek Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_BENNIL_90552_2390_2011.pdf] Text
final_B1_BENNIL_90552_2390_2011.pdf

Download (256kB)

Abstract

Peneliti menemukan bahwa siswa Kelas V SD Negeri 44 Sungai Lareh
lebih banyak menggunakan bahasa daerah Minangkabau (bahasa ibu atau bahasa
pergaulan sehari-hari) dalam berkomunikasi di kelas. Kebiasaan ini membuat
siswa-siswa mengalami hambatan dalam berkomunikasi dalam bahasa Indonesia.
Peneliti mengkaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata
siswa dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang
dimiliki dengan penerapan dalam kehidupan mereka sehari-hari sebagai aplikasi
pendekatan CTL dalam menanggapi hambatan dalam berkomunikasi tersebut.
Oleh karena itu peneliti tertarik mengangkat judul “Peningkatan Kemampuan
Berbicara dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) bagi
Siswa Kelas V SD Negeri 44 Sungai Lareh Kecamatan Koto Tangah Kota
Padang”.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dimana pendekatan ini berkaitan dengan
perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran pada suatu kelas. Prosedur
pelaksanaan penelitian kelas ini mengikuti prinsip-prinsip dasar penelitian
tindakan secara umum. Subjek penelitian berjumlah 28 orang siswa Kelas V SD
Negeri 44 Sungai Lareh Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan pencatatan lapangan, observasi, rekaman,
dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan
berbicara siswa kelas V SD 44 Sungai Lareh. Terbukti dari hasil penilaian
percakapan menggunakan Bahasa Indonesia yang dilaksanakan dalam 2x siklus
pembelajaran. Pada siklus pertama siswa memperoleh rata-rata nilai lembar kerja
siswa sebesar 59.64 dan pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan nilai
sebesar 83.54. Berdasarkan penelitian yang dilakukan tersebut juga terlihat
adanya peningkatan aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan
demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas pendekatan CTL dapat
meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma/Proyek Akhir)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 12 Nov 2025 05:53
Last Modified: 12 Nov 2025 05:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28817

Actions (login required)

View Item
View Item