Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Contextual Learning (CL) pada Materi Virus untuk SMA

Juslaini, Mira (2011) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Contextual Learning (CL) pada Materi Virus untuk SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MIRA JUSLAINI-84010-2011.pdf] Text
final_B1_MIRA JUSLAINI-84010-2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lembar Kegiatan Siswa (LKS) adalah lembaran-lembaran berisi tugas
yang harus dikerjakan oleh siswa, yang berisi petunjuk dan langkah-langkah
untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru guna meningkatkan
pemahaman konsep. Sebagai sarana dalam meningkatkan pemahaman konsep,
LKS yang digunakan dalam pembelajaran sebaiknya dibuat oleh guru mata
pelajaran yang bersangkutan. Namun selama ini belum ada LKS untuk materi
virus yang berbasis Contextual Learning (CL) atau yang mengaitkan pengetahuan
pada materi pelajaran dengan pengalaman sehari-hari siswa. Penelitian ini
bertujuan mengembangkan LKS berbasis CL dengan melihat validitas dan
praktikalitas LKS yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan
menggunakan 4-D models yang terdiri dari 4 tahap yaitu, define (pendefinisian),
design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran),
namun tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan. Tahap define terdiri dari
analisis kurikulum KTSP dan analisis siswa. Pada tahap design dilakukan
perancangan LKS berbasis CL. Pada tahap develop dilakukan uji validitas oleh
validator (3 orang dosen biologi dan 3 orang guru biologi) dan uji praktikalitas
oleh 2 orang guru biologi, siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang sebanyak 30
orang dan siswa SMA Negeri 7 Padang sebanyak 30 orang. Data ini dianalisis
dengan analisis deskriptif.
Hasil uji validitas LKS oleh validator menunjukkan bahwa LKS ini valid
ditinjau dari aspek didaktik, konstruksi dan teknis. Hasil uji praktikalitas LKS
oleh guru dan siswa menunjukkan bahwa LKS ini praktis ditinjau dari aspek
kemudahan penggunaan, manfaaat yang didapat dan efektivitas waktu
pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis CL pada materi virus
yang dihasilkan sudah valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam
pembelajaran biologi di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 12 Nov 2025 05:53
Last Modified: 12 Nov 2025 05:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28814

Actions (login required)

View Item
View Item