Elfia, Mira (2009) Hubungan Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MIRA ELFIA 63975-05-09.pdf
Download (106kB)
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memperoleh deskripsi objektif
tentang hubungan kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis
argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Padang. Kerangka teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah (1) menulis argumentasi, (2) membaca kritis, (3)
hubungan kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis argumentasi, dan
(4) kedudukan pembelajaran membaca dan menulis dalam kurikulum KTSP
SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Padang yang terdaftar
pada tahun pelajaran 2008/2009. Jumlah siswa tersebut adalah 282 orang yang
terbagi dalam delapan kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
teknik proporsional random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 42
orang, yaitu 15% dari keseluruhan populasi.
Instrumen penelitian ini terdiri dari dua bentuk tes, yaitu tes objektif untuk
mengukur kemampuan membaca kritis siswa, dan tes menulis karangan argumentasi
untuk mengukur kemampuan menulis argumentasi siswa. Selanjutnya, data yang
diperoleh dari penelitian tersebut dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut.
Pertama, mencatat hasil skor mentah tentang kemampuan membaca kritis dan
menulis argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Padang. Kedua, mengubah skor
menjadi nilai. Ketiga, menentukan rata-rata hitung dari masing-masing tes. Keempat,
mengkonversikan hasil tes siswa menggunakan skala 10. Kelima, mengklasifikasikan
nilai ke dalam tabel. Keenam, membuat histogram dari masing-masing hasil tes.
Ketujuh, pengkorelasian variabel penelitian. Kedelapan, pengujian keberartian
hipotesis. Kesembilan, pembahasan dan penyimpulan hasil analisis data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan membaca kritis siswa kelas
XI di SMA Negeri 2 Padang berada pada kualifikasi cukup dengan mean 59,485.
Kemampuan menulis argumentasi siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Padang berada
pada kualifikasi lebih dari cukup dengan mean 66. Selanjutnya, dari hasil penelitian
diperoleh nilai t hitung sebesar 6,03. Artinya, nilai yang diperoleh lebih besar dari t
tabel dengan derajat kebebasan n-2 (38) pada taraf signifikan 95% adalah 2,68.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang berarti antara
kemampuan membaca kritis dengan kemampuan menulis argumentasi pada siswa
kelas XI SMA Negeri 2 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 05:52 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 05:52 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28813 |
