Pengunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menentukan Luas Jajargenjang di Kelas IV SDN 07 Ampang Kuranji Kota Padang

Minarni, Minarni (2011) Pengunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menentukan Luas Jajargenjang di Kelas IV SDN 07 Ampang Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MINARNI_09444_2011.pdf] Text
final_B1_MINARNI_09444_2011.pdf

Download (455kB)

Abstract

Pembelajaran luas jajargnjang pada siswa kelas IV SDN 07 Ampang
Kuranji Kota Padang masih bersifat konvensional. Untuk itu tujuan dilaksanakan
penelitin tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar luas
jajargenjang melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).
Pendekatan CTL dirasakan mampu mengatasi persoalan yang ada. Pada
peningkatan hasil belajar luas jajargenjang melalui pendekatan CTL terdapat tujuh
komponen utama yang mendasari penerapan pembelajaran di kelas yaitu: 1)
kegiatan kontruktivisme (constructivisme), 2) kegiatan menemukan (inquiri), 3)
kegiatan bertanya (questioning), 4) kegiatan masyarakat belajar (learning
community), 5) kegiatan pemodelan (modeling), 6) kegiatan refleksi (reflection),
dan 7) kegiatan penilaian sebenarnya (authentic assessment).
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian tidakan kelas ini adalah
pendekatan kualitatif dan kuantitatif, karena data penelitian berupa informasi
tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil
tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan
pembelajaran luas jajargenjang melalui pendekatan CTL di kelas IV SDN 07
Ampang Kuranji Kota Padang. Subjek peneliti terdiri dari 25 orang siswa kelas IV
SDN 07 Ampang Kuranji Kota Padang. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4
tahap yaitu:1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian sebanyak dua siklus dapat diuraikan
sebagai berikut: persentase rata-rata kelas hasil belajar siswa pada siklus I adalah
73%, dan siklus II 93%, Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus
I 67% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92%. Kesimpulan yang
didapatkan dari penelitian ini adalah pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil
belajar luas jajargenjang baik secara individual maupun secara klasikal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 12 Nov 2025 05:51
Last Modified: 12 Nov 2025 05:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28809

Actions (login required)

View Item
View Item