Sardi, Beni (2011) Pelaksanaan Pembelajaran Penjas Orkes pada Kelas Akselerasi di SMA Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_BENI SARDI-65786-2009.pdf
Download (119kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pelaksanaaan
pembelajaran penjas orkes pada kelas akselerasi di SMA Negeri 1 Padang
Penelitian ini berbentuk deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas
akselerasi di SMA Negeri 1 Padang sebanyak 40 orang dan 2 orang guru penjas
orkes yang mengajar pada kelas akselerasi. Teknik sampel yang digunakan adalah
Total Sampling berjumlah 40 orang. Alat pengumpulan data adalah angket dengan
menggunakan model skala Likert dengan kategori selalu, sering, jarang, tidak
pernah, serta menggunakan wawancara. Analisis data menggunakan teknik
prosentase.
Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah: (1) Guru penjas orkes mempunyai
latar belakang pendidikan tamatan sarjana olahraga, dan telah mengikuti berbagai
pelatihan dan seminar peningkatan kualitas guru Penjas Orkes; (2) Aplikasi
kurikulum penjas orkes pada kelas akselerasi dinyatakan baik dengan berpedoman
pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan direvisi menjadi kurikulum
khusus untuk kelas akselerasi; (3) Metode pembelajaran penjas orkes pada kelas
akselerasi dinyatakan sangat baik dengan menggunakan duah buah konsep metode
yaitu induktif dan deduktif, dengan metode yang sering digunakan adalah metode
induktif. Metode ini dalam pelaksanaannya didukung dengan modifikasimodifikasi yang digunakan oleh guru baik berupa modifikasi permainan dan
modifikasi alat yang digunakan; (4) Sistem penilaian yang digunakan oleh guru
tidak jauh berbeda dengan sistem penilaian yang dilakukan pada kelas reguler
yang lain dalam ujian praktek serta guru tidak membedakan cara penilaian kepada
siswa maupun siswi, yang membedakannya adalah pada saat menilai tes yang
menggunakan penghitungan waktu dan jarak; dan (5) Sarana dan prasarana
penunjang bagi terselenggaranya pembelajaran penjas orkes pada kelas akselerasi
di SMA N 1 Padang masih perlu ditingkatkan pengadaannya.
Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran penjas orkes pada kelas akselerasi di
SMA Negeri 1 Padang telah berjalan dengan baik. Meskipun demikian, masih
perlu ditingkatkan lagi pelaksanaannya sesuai dengan konsep dasar kelas khusus
untuk anak akselerasi. Upaya yang dapat dilakukan dengan meningkatkan metode
pembelajaran, sarana dan prasarana dan sistem penilaiannya.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | S Sport |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 05:49 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 05:49 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28793 |
