Sari, Mila (2011) Hubungan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Asam Basa Siswa Kelas XI IPA dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya di SMAN 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MILA_SARI_86320_2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Belajar merupakan suatu kegiatan yang berproses dan menghasilkan
perubahan-perubahan terhadap diri sipelajar. Proses belajar tersebut
diwujudkan dalam bentuk serangkaian aktivitas belajar yang dilakukan.
Aktivitas belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil
belajar. Beberapa aktivitas belajar yang diteliti adalah membaca, mendengar,
menulis/mencatat, mengerjakan tugas/latihan, dan pemecahan masalah
belajar. Dari uraian tersebut maka dirumuskan masalah dalam penelitian ini
yaitu seberapa tinggikah hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil
belajar siswa kelas XI pada pokok bahasan Asam Basa di SMAN 15 Padang.
Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara
aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdaftar pada semester
2 tahun pelajaran 2010/2011 di SMAN 15 Padang dan teknik sampling yang
digunakan adalah stratified random sampling. Pengumpulan data penelitan
menggunakan angket tertutup sebanyak 27 item, setiap item dengan 4 pilihan
jawaban dan tes hasil belajar berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 20
item, setiap item dengan 5 pilihan jawaban. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan analisis korelasi dan ananlisis varians.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan positif yang
sangat signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI
IPA pada pokok bahasan asam basa di SMAN 15 Padang. Hubungan kedua
variabel sangat tinggi dengan koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,73.
Temuan ini sejalan dengan pendapat yang menyatakan bahwa belajar pada
prinsipnya adalah berbuat/beraktivitas. Analisis varians menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh aktivitas belajar dan jenis kelamin terhadap hasil belajar
siswa tetapi tidak signifikan. Selanjutnya, tidak terdapat pengaruh aktivitas
belajar dan urutan kelahiran terhadap hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 02:10 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 02:10 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28764 |
