Yusuf, Siska (2013) Hambatan-hambatan dalam Penyelesaian Proyek Akhir Mahasiswa Program D3 di Jurusan KK FT UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_SISKA_ YUSUF_85249_812_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya mahasiswa Program studi
D3 Tata Busana dan D3 Tata Boga di jurusan Kesejahteraan Keluarga FT UNP
tidak dapat menyelesaikan masa perkuliahannya tepat waktu, terkait dalam
penyelesaikan proyek akhir. Setelah diobservasi bahwa permasalahan yang
menyebabkan terlambatnya studi mahasiswa adalah karena sebagian besar tidak
dapat menyelesaikan proyek akhir selama satu semester, bahkan ada mahasiswa
yang menyelesaikan proyek akhir dalam waktu dua dan tiga semester. Oleh
karena itu penulis bermaksud meneliti hambatan-hambatan yang dihadapi
mahasiswa dalam menyelesaikan proyek akhirnya.
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Informan
dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi D3 Tata Busana dan Tata
Boga yang sedang menyelesaikan proyek akhir dan penyelesaian proyek akhirnya
lebih dari satu semester serta dosen pembimbing proyek akhir mahasiswa. Data
pendukung dari penelitian diperoleh melalui hasil wawancara dengan dosen
pembimbing, ketua prodi, ketua jurusan serta mahasiswa sendiri, teknik
pengumpulan data penulis lakukan dengan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan melakukan perpanjangan
pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian terungkap bahwa hambatan terkait penentuan ide dan
gagasan adalah sulitnya mahasiswa mendapat ide yang bermanfaat, kreatif dan
inovatif terkait rendahnya kemampuan mahasiswa dalam menguasai bidang
studinya. Hambatan terkait dengan prosedur yang harus dilalui oleh mahasiswa
dalam pengajuan ide/topik adalah sulitnya dalam mendapatkan persetujuan
ide/topik yang diajukan dari dosen PA serta pembimbing yang sering tidak
sepakat sehingga ide/topik yang diajukan sering diganti. Hambatan terkait proses
bimbingan dengan dosen pembimbing, mahasiswa banyak terbentur dengan
masalah yang berkaitan dengan pengaturan jadwal bimbingan dari dosen
pembimbing, mahasiswa tidak memahami masukan dan arahan yang diberikan
pembimbing karena kurangnya kemampuan mahasiswa dalam bidang tata tulis
karya ilmiah, kurangnya minat membaca mahasiswa serta sulit mencari literatur.
Diharapkan hasil penelitian dapat memberikan masukan dalam memperbaiki
kualitas dan kuantitas lulusan pada program D3 jurusan Kesejahteraan Keluarga.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:33 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 08:33 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28737 |
