Irawan, Bambang (2011) Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_BAMBANG IRAWAN_86117_2011.pdf
Download (184kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan yang ditemui di SMPN 7 Pariaman
bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII masih rendah dan aktivitas siswa
dalam proses pembelajaran juga kurang karena masih didominasi oleh guru. Guru
cenderung memfokuskan siswa untuk mengingat cara-cara yang diajarkan dalam
memecahkan soal dari pada mengkonstruksi pengetahuan siswa. Untuk mengatasi
permasalahan ini perlu dilakukan perbaikan dalam pendekatan pembelajaran
matematika di sekolah melalui suatu penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan PMRI lebih
baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran
konvensional dan mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika
dengan menggunakan pendekatan PMRI.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan populasi
siswa kelas VII SMPN 7 Pariaman yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2010/2011.
Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII6
sebagai kelas kontrol. Rancangan yang digunakan adalah Randomized control group
only design untuk melihat hasil belajar siswa. Data hasil belajar matematika siswa
diperoleh dari tes akhir yang dianalisis dengan menggunakan uji-t. Data aktivitas
siswa dalam proses pembelajaran matematika diperoleh dari lembar observasi yang
dianalisis dengan teknik persentase.
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil tes akhir siswa eksperimen
adalah 71,03 sedangkan rata-rata hasil tes akhir kelas kontrol adalah 63,34.
Pengolahan data hasil tes akhir dilakukan melalui hipotesis yang menggunakan uji-t
melalui bantuan software MINITAB. Dari hasil uji-t diperoleh nilai P-value = 0,021,
karena nilai P-value kecil dari taraf nyata yang ditetapkan yaitu α = 0,05 maka dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan penerapan
pendekatan PMRI lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan
pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 7 Pariaman. Disamping itu, dari hasil
observasi diketahui bahwa secara umum terjadi peningkatan aktivitas siswa disetiap
pertemuan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PMRI dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:33 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 08:33 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28734 |
