Fatma, Siti (2013) Hubungan Minat Masuk Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di Jurusan Kesejahteraan Keluarga FT UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_SITI_FATMA_02770_3931_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap minat mahasiswa
masuk perguruan tinggi semakin meningkat. Hal ini dibuktikan pada prestasi
belajar 52,1% di kategorikan cukup. Minat ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu
faktor dari dalam diri dan faktor dari luar diri mahasiswa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui dan mengungkapkan serta menjelaskan tentang bagaimana
minat masuk Perguruan Tinggi dengan prestasi belajar mahasiswa di jurusan
Kesejahteraan Keluarga. Bagaimana hubungan minat masuk perguruan tinggi
dengan prestasi belajar mahasiswa di jurusan KK.
Jenis penelitian ini adalah korelasi, bertujuan untuk melihat seberapa besar
arah hubungan antar variabel. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu minat
masuk perguruan tinggi variabel (X) dan prestasi belajar mahasiswa di jurusan
KK variabel (Y). Populasi mahasiswa Jurusan KK dari tahun 2008-2012 sebanyak
844 orang dengan teknik pengambilan sampel pruposive random sampling,
sampel dalam peniltian berjumlah 211 orang. Teknik pengumpulan data dengan
angket yang disusun berdasarkan Skala Likert yang telah teruji validitas dan
reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan bantuan program computer
SPSS (Statistical Product Solution and Service) for windows versi 18,00.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; (1) Minat mahasiswa masuk
perguruan tinggi secara keseluruhan dikategorikan rendah (29%), (2) prestasi
belajar mahasiswa di Jurusan KK secara keseluruhan dikategorikan cukup
memuaskan (52,1%), (3) Hasil uji Korelasi Pearson Product Moment dengan
taraf signifikan 5%, terdapat hubungan secara positif dan signifikan antara minat
masuk Perguruan Tinggi dengan prestasi belajar mahasiswa dengan nilai r sebesar
0,350 dengan interprestasi hubungan yang lemah. Berdasarkan hasil analisa data
tentang keberartian korelasi dengan menggunakan uji t diperoleh hasil thitung
sebesar 4.122 dengan taraf signifikan 0,05 sedangkan ttabel 1,652. Berarti dapat
dibandingkan thitung > ttabel (4.122 >1, 652), maka Hipotesis yang diajukan adalah
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat masuk perguruan
tinggi dengan prestasi belajar mahasiswa di jurusan KK FT UNP, maka Ha
diterima.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:33 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 08:33 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28731 |
