Pertiwi, Intan (2014) Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Keterampilan Kelas VIII di SMP Negeri 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_11_INTAN_ PERTIWI_02781_1334_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa hasil belajar siswa
kelas VIII pada mata pelajaran keterampilan 50,8 % di bawah Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM), hal ini diduga karena tingkat disiplin belajar siswa yang masih
Rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara disiplin
belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran keterampilan.
Disiplin belajar mempunyai indikator yang meliputi: Pengelolaan Waktu,
Ketaatan (Kepatuhan), dan Tanggung Jawab dalam pelajaran jahit dan sulam.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, data yang diperoleh
dikumpulkan melalui angket yang berisi pernyataan yang berkaitan dengan
disiplin belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran keterampilan dan disusun
berdasarkan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII
pada mata pelajaran keterampilan sebanyak 248 orang siswa. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Propotional Random
Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 62 orang siswa. Variabel
dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Disiplin Belajar (X) dan
variabel terikat yaitu Hasil Belajar (Y), Teknik analisis data yang digunakan
adalah korelasi dengan rumus korelasi Produk Momen dan menggunakan bantuan
program SPSS(Statistical Produk Solution and Service) For Window Versi 17
untuk mendapatkan deskripsi tentang Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keterampilan Kelas VIII Di SMP Negeri 16
Padang
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa disiplin belajar siswa kelas VIII
pada mata pelajaran keterampilan di SMP Negeri 16 Padang termasuk pada
ketegori Rendah (64%) dengan Indikator: 1. Pengelolaan Waktu berada pada
kategori Rendah (56%), 2. Ketaatan berada pada kategori Rendah (63%), 3.
Tanggung Jawab berada pada kategori Sedang (71%). Variabel hasil belajar siswa
pada mata pelajaran keterampilan termasuk dalam kategori Tidak Tuntas (46%)
dengan 29 orang siswa. Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa
hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
keterampilan kelas VIII di SMP Negeri 16 Padang memiliki hubungan yang
positif dan signifikan dengan korelasi sebesar 0,476. Hasil uji keberartian
koefisien korelasi t hitung (10,352 > 2,000) berarti semakin tinggi
disiplin belajar semakin tinggi hasil belajar.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Disiplin Belajar, Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Keterampilan |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:32 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 10:42 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28723 |
