Pengaruh Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Teknik Komputer dan Jaringan Kelas 1 TI SMK N 1 Sintuk Toboh Gadang Pariaman.

Hartomi, Arjes (2011) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Teknik Komputer dan Jaringan Kelas 1 TI SMK N 1 Sintuk Toboh Gadang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ARJES HARTOMI-49955-2012.pdf] Text
final_B1_ARJES HARTOMI-49955-2012.pdf

Download (523kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK N I Sintuk TobohGadang Pariaman hasil belajar siswa pada mata diklat teknik Komputer danjaringan masih dibawah rata-rata dan penelitian ini juga berawal dari kenyataandi Sekolah bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumberinformasi. Banyak media yang yang diterapkan oleh guru dalam penyajiannyaSalah satunya adalah dengan menggunakan Aplikasi Microsoft Power Point.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Pengaruh Media PembelajaranMenggunakan Aplikasi Microsoft power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen untuk melihat perbandinganhasil belajar siswa yang menggunakan Aplikasi Microsoft power Point danmetode ceramah. Populasi penelitian adalah siswa kelas I TI SMK N I SintukToboh Gadang Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2009/ 2010 dan teknikdalam pengambilan sampel dilakukan secara acak setelah dilakukan uji normalitasdan homogenitas populasi. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberlakukandengan menggunakan Aplikasi Microsoft power Point dan yang menjadikelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butirsoal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua ratarata (t-tes).hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Proses pembelajaran denganmetoda eksperimen penggunaan aplikasi Microsoft Power Point menjadi lebihmenarik dan siswa lebih cepat mengingat materi yang diberikan. Hal inidisebabkan karena dengan menerapkan metode eksperimen siswa lebih aktifdalam proses pembelajaran dan materi pelajaran yang diberikan wajib diulangdengan adanya tugas yang diberikan guru, 2 ) Dari hasil uji hipotesis diperolehnilai sig. Sebesar 0,000 angka ini lebih kecil dari alpha 0,05 (0,000 < 0,05),artinya terdapat pengaruh penggunaan aplikasi Microsoft Power Point terhadaphasil belajar mata diklat Teknik Komputer dan Jaringan Kelas I TI SMK Negeri ISintuk Toboh Gadang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: APLIKASI MICROSOFT POWER POINT, HASIL BELAJAR, DIKLAT TEKNIK KOMPUTER
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:31
Last Modified: 10 Nov 2025 08:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28717

Actions (login required)

View Item
View Item