Penguasaan Guru Geografi terhadap Materi Pembelajaran Sistem Informasi Geografi (SIG) di SMA Negeri Kota Pariaman 2013/2014

Kurniati, Siti (2014) Penguasaan Guru Geografi terhadap Materi Pembelajaran Sistem Informasi Geografi (SIG) di SMA Negeri Kota Pariaman 2013/2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SITI _ KURNIATI_55132_4222_2014.pdf] Text
B1_01_SITI _ KURNIATI_55132_4222_2014.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, faktor-faktor apa saja yang
menyebabkan materi SIG sulit dipahami oleh guru-guru Geografi dan upayaupaya

mengatasi kesulitan dalam penguasaan pembelajaran Sistem Informasi
Geografi (SIG) Di SMA Negeri Kota Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian
ini adalah seluruh guru-guru Geografi yang mengajarkan materi SIG di SMA
Negeri Kota Pariaman berjumlah 9 orang. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. jumlah
informan sebanyak 9 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman
wawancara, recorder dan kamera digital. Indikator yang digunakan dalam
kesulitan-kesulitan guru dalam penguasaan Sistem Informasi Geografi (SIG)
adalah penguasaan materi SIG yaitu: aksesibilitas sumber belajar, ketersediaan
media pendukung, penguasaan tekhnologi dan informasi terbaru terkait materi
pembelajaran SIG, relevansi dengan materi SIG di perkuliahan, kelompok
diskusi/musyawarah guru dan upaya-upaya dalam mengatasi kesulitan guru
Geografi dalam penguasaan materi Sistem Informasi Geografi (SIG).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hampir seluruh guru-guru Geografi
di SMA Negeri Kota Pariaman sebagian besar kurang memahami materi
pembelajaran Sistem Informasi Geografi (SIG) pada KD yang kedua yakni
tahapan kerja SIG dan banyak faktor-faktor yang mengalami kesulitan-kesulitan
dalam penguasaan materi Sistem Informasi Geografi (SIG) ini. Guru-guru
menginginkan adanya perhatian dari pihak-pihak terkait, seperti MGMP, Dinas
Pendidikan pusat, daerah maupun UNP khususnya Jurusan Geografi dalam
membantu dalam mengatasi permasalahan penguasaan materi Sistem Informasi
Geografi (SIG) ini. Dengan adanya perhatian moril maupun materil dari pihakpihak

dan dinas terkait setidaknya bisa mengurangi dan mengatasi masalah
penguasaan guru-guru Geografi selama ini, di SMA Negeri Kota Pariaman
terhadap materi Sistem Informasi Geografi (SIG).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: G Geography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:31
Last Modified: 10 Nov 2025 08:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28713

Actions (login required)

View Item
View Item