Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Profesional untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Kelas VIII di SMPN 2 Kec. Akabiluru

Elvadiningsih, Siska (2022) Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Profesional untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Kelas VIII di SMPN 2 Kec. Akabiluru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SISKA_ELVADININGSIH_17029076_3439_2022.pdf] Text
B1_01_SISKA_ELVADININGSIH_17029076_3439_2022.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penggunaan bahan ajar pembelajaran dapat membuat peserta didik lebih
tertarik dalam kegiatan belajar mengajar dan peserta didik juga mampu berpikir
secara kreatif dan matematis. jika bahan ajar/modul disajikan dalam bentuk emodul

akan lebih menarik lagi karena bisa meng-inputkan video ke dalam
modul/bahan ajar tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan e-modul menggunakan flip pdf professional pada materi bangun
ruang sisi datar untuk kelas VIII SMP yang memenuhi kriteria valid dan praktis.
Jenis penelitian ini termasuk dalam research and development (R&D)
dengan menggunakan model 4-D. Model 4-D terdiri dari empat tahap yaitu tahap
Define, Design, Develop, dan Desseminate. Namun pada penelitian kali ini hanya
sampai pada tahap pengembangan. Penelitian ini dilakukan di UPTD SMPN 2
Kec. Akabiluru kepada peserta didik dengan mengambil subjek sebanyak 3 orang
untuk tahap one to one evaluation dan mengambil subjek 6 orang peserta didik
untuk tahap small group evaluation. Data yang diperoleh di analisis dengan
analisis kuantitatif dan kualitatif.
Untuk mengembangkan e-modul menggunakan flip pdf profesional yang
valid dan praktis pada materi bangun ruang sisi datar dilakukan dengan cara
menambahkan materi-materi yang belum terdapat di hand out yang sebelumnya
sehingga e-modul ini menjadi lebih lengkap dan memudahkan peserta didik
dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli, e-modul
dikategorikan valid dengan tingkat validitas 85,00%. Untuk hasil praktikalitas
respond peserta didik dalam tahap one-to-one evaluation dari kelas VIII.1 adalah
87,72% dan dikategorikan sangat praktis, dan untuk tahap small-group evaluation
dari kelas VIII.2 adalah 86,00% dan dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan
data tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul sudah layak digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:28
Last Modified: 10 Nov 2025 10:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28688

Actions (login required)

View Item
View Item