Frina, Yulia (2012) Pembuatan Modul Pembelajaran IPA Fisika pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YULIA FRINA_66930.pdf
Download (440kB)
Abstract
Mengingat begitu pentingnya peranan fisika dalam menjawab tantangan global dan penunjang teknologi, maka dituntut adanya perubahan ke arah lebih baik pada pembelajaran fisika. Perubahan ini dapat dilakukan dengan memvariasikan model pembelajaran menggunakan metoda pembelajaran yang efektif, dan menggunakan bahan ajar yang tepat, sehingga mutu pendidikan diharapkan dapat lebih meningkat. Kesulitan yang dihadapi guru di sekolah ini adalah kurangnya waktu dalam pelaksanaan pembelajaran yang di sebabkan oleh lambatnya daya serap siswa terhadap pelajaran. Mengatasi permasalahan ini maka di perlukan bahan ajar berupa modul, untuk membantu siswa belajar mandiri. Modul merupakan paket belajar mandiri yang meliputi serangkaian pengalaman belajar yang direncanakan dan dirancang secara sistematis untuk membantu peserta didik mencapai tujuan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Modul pembelajaran IPA Fisika sesuai standar isi yang valid dan praktis untuk materi pokok cahaya kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R & D). Langkah-langkah penelitian menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop dan disseminate). Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar validasi tenaga ahli dan lembar kepraktisan dari guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan pengembangan yang telah dilakukan, dihasilkan bahan ajar interaktif berupa Modul Pembelajaran IPA Fisika yang sesuai dengan standar isi untuk materi Cahaya Kelas VIIII SMP. Analisis data yang telah dilakukan, diperoleh validitas Modul Pembelajaran IPA Fisika dalam kategori baik sekali, dengan nilai rata-rata 91. Kepraktisan Modul Pembelajaran IPA Fisika dari guru dalam kategori sangat praktis, dengan nilai rata-rata 90. Kepraktisan Modul Pembelajaran IPA Fisika dari siswa sebagai pengguna dalam kategori sangat praktis, dengan nilai rata-rata kepraktisan 86.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MODUL PEMBELAJARAN IPA FISIKA |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:27 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 10:39 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28682 |
