Tinjauan Semangat Kerja Karyawan di Parai Mountain Resort Bukittiggi

Novika, Sixca (2014) Tinjauan Semangat Kerja Karyawan di Parai Mountain Resort Bukittiggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_11_SIXCA_NOVIKA_16497_4150_2014.pdf] Text
final_B1_11_SIXCA_NOVIKA_16497_4150_2014.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan dan wawancara peneliti terhadap
karyawan di Parai Mountain Resort Bukittinggi, peneliti menemukan kurangnya
semangat kerja karyawan yang terlihat antara lain: karyawan belum melaksanakan
peraturan mengenai absensi yang sesuai dengan target perusahaan, mengeluhkan
posisi kerja yang ditempati, kurang perhatian terhadap pekerjaan, kurang disiplin,
kurang inisiatif untuk membantu rekan kerja, kelalaian dan penundaan pekerjaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui semangat kerja karyawan di Parai
Mountain Resort Bukittinggi yang meliputi 4 indikator semangat kerja yaitu:
absensi, kepuasan kerja, disiplin kerja, dan kerjasama.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini
adalah seluruh karyawan di Parai Mountain Resort Bukittinggi berjumlah 46
orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling (46
orang). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner
(angket) dengan menggunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan
reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskriptif dengan
metode pengkategorian penilaian berdasarkan rerata skor dan persentase
penilaian.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara umum semangat kerja
karyawan di Parai Mountain Resort Bukittinggi tergolong pada kategori tinggi
dengan rata-rata 2,82 yang berada pada rentang 2,51 - 3,25. Sedangkan
berdasarkan masing-masing indikator yaitu: (1) absensi tergolong pada kategori
tinggi dengan rata-rata 2,81 yang berada pada rentang 2,51 - 3,25, (2) kepuasan
kerja tergolong pada kategori tinggi dengan rata-rata 2,66 yang berada pada
rentang 2,51 - 3,25, (3) disiplin kerja tergolong pada kategori tinggi degan rata-
rata 2,97 yang berada pada rentang 2,51 - 3,25, (4) kerjasama tergolong pada
kategori tinggi dengan rata-rata 2,77 yang berada pada rentang 2,51 - 3,25.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Hospitality > Hoaspitality Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:26
Last Modified: 10 Nov 2025 08:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28677

Actions (login required)

View Item
View Item