Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Penerapan Model Problem Based Learning Kelas XI IPA SMAN 1 Sutera

Yuadmiras, Silvia (2022) Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Penerapan Model Problem Based Learning Kelas XI IPA SMAN 1 Sutera. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_Silvia_Yuadmiras_17029044_2175_2022.pdf] Text
B1_01_Silvia_Yuadmiras_17029044_2175_2022.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan
yang harus dicapai peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun
kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki oleh
peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Sutera masih rendah, terlihat dari hasil
penilaian harian peserta didik yang belum mampu menyelesaikan permasalahan
matematis secara tepat sesuai dengan indkator-indikator kemampuan pemecahan
masalah matematis. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan
tersebut adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan
One Shot Case Study. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan
perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas
XI IPA SMAN 1 Sutera setelah menerapkan model Problem Based Learning.
Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Sutera
dengan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas XI IPA 3. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis
berbentuk soal essay.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan
masalah matematis peserta didik adalah 71,41. Untuk hasil tes akhir diperoleh
nilai tertinggi yaitu 85 dan nilai terendah yaitu sebesar 44. Adapun jumlah peserta
didik yang tuntas sebanyak 63% dari standar KKM yang ditetapkan sekolah yaitu
75. Setelah rata-rata skor tersebut dikategorikan berdasarkan interpretasi nilai,
maka diperoleh kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan
diterapkan model Problem Based Learning masuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:26
Last Modified: 10 Nov 2025 08:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28676

Actions (login required)

View Item
View Item