Arinawati, Arinawati (2012) Pengenalan Membaca Melalui Permainan Kartu Lipat di Taman-Kanak Teratai Bukit Bual Tanjung Ampalu Kecamatan Koto VII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ARINAWATI_58626_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak ditemui anak yang pengenalan membacanya masih rendah, seperti anakkesulitan dalam membaca.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkanpengenalan membaca pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah metode praktek langsung dalam permainan kartu lipat.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelasdengan subjek penelitian anak Taman Kanak-kanak Teratai Bukit BualTanjung Ampalu Kecamatan Koto VII pada kelompok B1 berjumlah 17orang anak, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupaobservasi dan pengamatan, format hasil penelitian anak selanjutnya diolahdengan teknik persentase.Hasil penelitian di setiap siklus telah menunjukan adanya peningkatanpengenalan membaca pada anak.pada kondisi awal nilai rata rata baik,padasiklus 1 pencapaian nilai rata rata amat baik tetapi belum mencapai kriteriaketuntasan minimal ( KKM) dan pada siklus 2 pengenalan membaca anaksudah mencapai kriteria .ketuntasan minimal (KKM) dengan rata rata amatbaik. Dengan berhasilnya penelitian ini dapat di simpulkan bahwa salah satucara peningkatan pengenalan membaca pada anak dengan pemamfaatanpermainan kartu lipat serta media yang bervariasi bagi anak.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MEMBACA, PERMAINAN KARTU, PENDIDIKAN ANAK USIA DINI |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:24 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 08:24 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28652 |
