Putri, Zona Tiara Reno (2011) Pengaruh Pre-Test dan Post-Test berbentuk Completion Test dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (nht) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Singkarak Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ZONA TIARA RENO_86196_2011.pdf
Download (5MB)
Abstract
Masalah yang sering ditemui dalam pendidikan khususnya bidang sains
adalah rendahnya hasil belajar siswa. disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya
pembelajaran Biologi masih bersifat teacher centered, dan pemberian tes jarang
dilakukan. Hal ini disebabkan karena kurangnya rasa keingintahuan serta
banyaknya peserta didik yang belum memahami konsep-konsep materi yang
diberikan guru. Pemberian Pre-test dan post-test berbentuk Completion test
dalam pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) diharapkan
dapat merangsang aktivitas dan memacu motivasi belajar, sehingga pembelajaran
menyenangkan dan lebih bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh pre-test dan post-test dalam bentuk completion test dalam
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap
hasil belajar Biologi siswa kelas XI siswa Negeri 1 X Koto Singkarak tahun
pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Randomized
Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh Siswa
Kelas XI SMAN 1 X Koto Singkarak yang terdaftar pada semester II tahun
pelajaran 2010/2011 yang tersebar pada 3 kelas, yaitu dari Kelas XI IPA-1 sampai
XI IPA-3. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random
Sampling. Didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu XI IPA-1 dan
kelas XI IPA-2. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 40 buah
yang telah diujicobakan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji
hipotesis adalah Uji-t .
Berdasarkan hasil analisis data pada taraf kepercayaan 95% (α=0,05)
didapatkan harga thitung 3,29 dan harga ttabel adalah 1,67 pada derajat kebebasan 56.
Dengan demikian thitung>ttabel, yang berarti Hipotesis dapat diterima. Oleh karena
itu dapat disimpulkan bahwa pre-test dan post-test berbentuk completion test
dalam model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
memberi pengaruh yang positif berarti terhadap peningkatan hasil belajar Biologi
siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Singkarak tahun pelajaran 2010/2011.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 07:10 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 07:11 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28628 |
