Hubungan Disiplin Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Instalasi Penerangan Bangunan Sederhana Siswa Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK N I Padang

Azizah, Azizah (2011) Hubungan Disiplin Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Instalasi Penerangan Bangunan Sederhana Siswa Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK N I Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_AZIZAH_94142_2967_2011.pdf] Text
final_B1_AZIZAH_94142_2967_2011.pdf

Download (193kB)

Abstract

Disiplin belajar merupakan suatu kondisi tercipta dan terbentuk melalui
proses usaha dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah
laku baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman sendiri dalam interaksi
dengan lingkungan yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan,
keteraturan, dan ketertiban. Semakin tinggi tingkat disiplin belajar seseorang
maka semakin tinggi pula hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar mata diklat Instalasi
Penerangan Bangunan Sederhana siswa kelas XI TITL di SMK N I Padang
Penelitian ini bersifat korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas
XI TITL di SMK N I Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2009/2010
sebanyak 28 orang. Variabel bebas dalam penelitian yaitu disiplin belajar dan
variabel terikatnya adalah hasil belajar mata diklat Instalasi Penerangan Bangunan
Sederhana siswa kelas XI TITL di SMK N I Padang. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah angket (kuesioner) mengenai disiplin belajar. Untuk menguji
validitas angket digunakan teknik Korelasi PearsonProduct Moment, Untuk item
nomor 1. r hitung > r tabel (0,585 > 0,444) maka item angket tersebut dinyatakan
valid. Untuk menguji reabilitas instrumen menggunakan rumus koefisien
Reabilitas Alfa Cronbach dengan nilai r tabel = 0,433. Apabila r hitung > r tabel
(0,937 > 0,433) berarti realibel.
Untuk menguji hipotesis digunakan rumus Korelasi Pearson Product
Moment. Dari hasil analisis korelasi antara disiplin belajar dengan hasil belajar
mata diklat instalasi penerangan bangunan sederhana siswa kelas XI TITL di
SMK N I Padang diperoleh nilai r sebesar 0,476 dan nilai t hitung > t tabel (2,761 >
1,721), maka Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin
belajar dengan hasil belajar mata diklat Instalasi Penerangan Bangunan Sederhana
siswa kelas XI TITL di SMK N I Padang. Untuk upaya meningkatkan hasil
belajar dapat diupayakan dengan meningkatkan disiplin belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 07 Nov 2025 07:08
Last Modified: 07 Nov 2025 07:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28619

Actions (login required)

View Item
View Item