Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi dengan Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi (Jurisprudential Inquiry) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bayang

Oktaria, Aziza (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi dengan Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi (Jurisprudential Inquiry) Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_AZIZA_OKTARIA_86345_4846_2011.pdf] Text
final_B1_AZIZA_OKTARIA_86345_4846_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk. Pertama, mendeskripsikan penerapan
model pembelajaran telaah yurisprudensi (jurisprudential inquiry), terhadap
pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas X-1 SMA Negeri 1
Bayang. Kedua, Mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan menulis
karangan argumentasi dengan model pembelajaran telaah yurisprudensi
(jurisprudential inquiry) siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Bayang. Ketiga,
mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi
siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Bayang dengan model pembelajaran telaah
yurisprudensi (jurisprudential inquiry).
Pengumpulan data dilakukan melalui tiga tahap. Pertama, tes unjuk kerja.
Kedua, memberi seperangkat pertanyaan tertulis kepada responden, siswa mengisi
angket yang telah disediakan peneliti. Ketiga, lembar observasi, peneliti mencatat,
menganalisis, dan menyimpulkan bagaimana peningkatan kemampuan menulis
karangan argumentasi dengan model pembelajaran telaah yurisprudensi
(jurisprudential inquiry). Penganalisisan data melalui dua tahap. Pertama
pengelompokan data kuantitatif, yaitu berupa skor, nilai, dan klasifikasi nilai
kemampuan menulis karangan argumentasi. Kedua, pemberian skor. Skor diberi
berdasarkan hasil karangan yang ditulis siswa.
Berdasarkan hasil penelitian data dapat disimpulkan hal-hal sebagai
berikut. Pertama. Penerapan model pembelajaran telaah yurisprudensi
(jurisprudential inquiry) dalam dua siklus (enam kali pertemuan tatap muka)
dapat meningkatkan secara signifikan keterampilan menulis karangan argumentasi
siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Bayang dengan rata-rata peningkatan 91,6%.
Kedua siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Bayang cenderung menilai
positifpenerapan model pembelajaran telaah yurisprudensi (jurisprudential
inquiry) terhadap materi pembelajaran menulis karangan argumentasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 07 Nov 2025 07:08
Last Modified: 07 Nov 2025 07:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28617

Actions (login required)

View Item
View Item