Sari, Ayu Mustika (2011) Efektivitas Penggunaan Teknik Mind Mapping Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA N1 Sungai Rumbai Kab. Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_AYU_MUSTIKA_SARI_88376_2011.pdf
Download (319kB)
Abstract
Berdasarkan observasi dilapangan, pembelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi di kelas XI SMA N 1 Sungai Rumbai kurang obtimal. Penggunaan
metode ceramah oleh guru mendominasi kegiatan pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mengtahui pengaruh teknik mind mapping pada mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hipotesis yang akan diuji dalam penelitian ini
adalah penggunaan teknik catatan mind mapping lebih efektif terhadap hasil belajar
siswa dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan teknik catatan
biasa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas XI SMA N
1 Sungai Rumbai Kab.Dharmasraya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat quasy
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA N 1
Sungai Rumbai Kab.Dharmasraya. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan
menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI.IPS 2 sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI.IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak
64 orang. Teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
dengan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes dan dokumen nilai.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang
belajar dengan teknik catatan mind mapping memperoleh nilai rata-rata 74,25 lebih
tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan teknik catatan biasa yang memperoleh
nilai rata-rata 69,06 pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di
kelas XI SMA N 1 Sungai Rumbai Kab.Dharmasraya. Dari perhitungan uju t didapat
t-tabel adalah 2,000 sedangkan t-hitung adalah 3,036 (t-hitung > t-tabel) dengan
demikian hipotesis yang dikemukan sebelumnya dapat diterima pada taraf
kepercayaan 95%. Jadi belajar menggunakan teknik mind mapping lebih efektif dari
pada belajar menggunakan teknik catatan biasa yaitu dapat meningkatakan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas XI
SMA N 1 Sungai Rumbai Kab. Dharmasraya.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 03:01 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 03:01 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28604 |
