Ningsih, Ayu Gustia (2011) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Teka-teki Siswa Kelas X5 SMA Pertiwi 1 Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_AYU_GUSTIA_NINGSIH_83471_1807_2011.pdf
Download (524kB)
Abstract
Siswa kelas X5 SMA Pertiwi 1 Kota Padang baru mampu berbicara
namun belum terampil seperti yang diharapkan dalam kurikulum. SKM (Standar
Kelulusan Minimal) yang ditetapkan oleh sekolah masih belum bisa dicapai oleh
siswa lebih dari 70%. Masih ada siswa yang mengikuti remedial setelah tes
keterampilan berbicara dilakukan. Ini berarti tujuan pembelajaran keterampilan
berbicara belum tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk, mendeskripsikan kemampuan berbicara
siswa kelas X5 SMA Pertiwi 1 Kota Padang, mendeskripsikan penerapan metode
bermain teka-teki pada pengajaran keterampilan berbicara siswa kelas X5 SMA
Pertiwi 1 Kota Padang, mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara
siswa kelas X5 SMA Pertiwi 1 Kota Padang dengan menggunakan metode
bermain teka-teki. Sesuai dengan masalah yang ditemui maka pemakaian metode
bermain teka-teki diharapkan dapat meningkatkan keterampila berbicara siswa
kelas X5 SMA Pertiwi 1 Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek
penelitian siswa kelas X5 SMA Pertiwi 1 Kota Padang dengan jumlah siswa 40
orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes berbicara, lembar
observasi pedoman wawancara, instrument tambahan dalam pengumpulan data ini
adalah rekaman video, foto, cacatan harian, serta cacatan lapangan.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan analisis hasil
belajar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus dilakukan
tiga dan dua kali pertemuan.
Hasil penelitian pada masing-masing siklus yaitu siklus I dan siklus II
memperlihatkan peningkatan pada keterampilan berbicara siswa. Rata-rata hasil
belajar siswa pada pra siklus adalah 56,15, akhir siklus pertama meningkat
menjadi 77,82, pada siklus kedua menjadi 85,85. Selanjutnya disimpulkan bahwa
keterampilan berbicara siswa kelas X5 SMA pertiwi 1 Kota Padang meningkat
sebesar 8,03% setelah melaksanakan siklus II.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 03:00 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 03:00 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28603 |
