Types of Metaphors Found in Opinion Column of Singgalang Newspaper.

Pribadi, Arif (2011) Types of Metaphors Found in Opinion Column of Singgalang Newspaper. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ARIF_PRIBADI_72766_1841_2011.pdf] Text
final_B1_ARIF_PRIBADI_72766_1841_2011.pdf

Download (415kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk, jenis dan maknadari majas metafora yang ada dalam kolom Opini koran harian Singgalang. Jenispenelitian ini adalah deskriptif yaitu menggambarkan majas metafora dari segibentuk, jenis dan makna. Data penelitian berasal dari semua kalimat yang adadalam kolom opini yang mengandung majas metafora yang diperoleh dari tanggal5 Oktober 2010 sampai dengan 5 November 2010. Kemudian data dikelompokkanmenurut bentuk dan jenisnya. Dari segi bentuk, majas metafora dikelompokkanberdasarkan teori Wahab yaitu dengan menentukan posisi metafora dalam suatukalimat, pada subjek, prediket, atau pada keseluruhan kalimat. Dari segi jenis,majas metafora dikelompokkan berdasarkan teori dari Lakoff dan Johnson yaitumajas metafora structural, ontological, dan orientational. Selanjutnya arti darimasing-masing majas metafora tersebut ditentukan berdasarkan topik yangdibahas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga bentuk majas metafora yangditemukan dalam kolom opini koran harian Singgalang tersebut yaitu majasmetafora nominatif, predikatif, dan kalimat. Dari ketiga bentuk majas tersebut,majas metafora nominatif merupakan majas yang paling sering ditemukan, yaknisebanyak 60%, sedangkan majas metafora predikatif dan majas metafora kalimatditemukan sebanyak 35% dan 5%. Selanjutnya, penelitian ini juga menunjukkanada tiga jenis metafora dalam kolom Opini tersebut yakni metafora structural,ontological, dan orientational. Majas Structural merupakan majas yang palingbanyak ditemukan yakni sebanyak 67,5% yang diikuti oleh majas ontologicalsebanyak 27,5%. Majas orientational adalah majas yang paling sedikit ditemukanyakni hanya 5%. Dari segi makna, majas metafora memiliki makna yang tidaksebenarnya yang dibuktikan oleh semua majas metafora yang menjadi datamemiliki makna tersendiri sesuai dengan topik yang dibahas. Namun ada 5 majasyang berbeda memiliki makna yang sama, dua diantaranya memiliki makna timeis valuable dan 3 majas lainnya memiliki makna exist, begitu juga sebaliknyayakni majas dari kata melahirkan memiliki makna yg berbeda yaitu create danmake.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SINGGALANG NEWSPAPER, OPINION COLUMN
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 06 Nov 2025 23:32
Last Modified: 06 Nov 2025 23:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28599

Actions (login required)

View Item
View Item