Syafniwati, Syafniwati (2011) Peningkatan Kemampuan Bermain Drama dengan Menggunakan Media Audio Visual Bagi Siswa Kelas V SDN 01 Benteng Pasar Atas Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SYAFNIWATI_88164_269_2011.pdf
Download (201kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari hasil refleksi diperoleh informasi bahwa, bahwa pembelajaran drama kurang diminati siswa dan kemampuan bermain drama masih rendah. Siswa menganggap pembelajaran sastra kurang bermakna, kurang mampu memahami naskah drama, apalagi untuk melakukan pementasan drama. Hal ini disebabkan karena guru kurang trampil mengajarkan drama, dan belum menggunakan media yang bervariasi mengajarkan drama. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan bermain drama dengan menggunakan media audio visual pada pelaksanaan prabicara, saat bicara, dan pascabicara bagi siswa kelas V SDN 01 Benteng Pasar Atas Kota Bukittinggi. Dengan menggunakan media audio visual siswa dapat mendengar dan melihat langsung kejadian sebenarnya sehingga pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Benteng Pasar Atas Kota Bukittinggi yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian berupa lembaran pengamatan dan format penelitian. Selama pelaksanaan peneliti sebagai praktisi, guru kelas IV bertindak sebagai observer. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran bermain drama dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bermain drama. Peningkatan ini dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa pada siklus I adalah 6,36 termasuk kriteria kurang dari KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 7,0. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 7,86. Dengan demikian penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bermain drama dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru Sekolah Dasar dapat menggunakan media audio visual dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, sehingga dapat meningkatkan kemampuan bermain drama siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | pembelajaran drama, media audio visual, hasil belajar siswa |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Faldo Aldiasep |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:55 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:55 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28571 |
