Penggunaan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD N 16 Timbalun Padang

Syafnida, Syafnida (2011) Penggunaan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD N 16 Timbalun Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SYAFNIDA_90269_2011.pdf] Text
final_B1_SYAFNIDA_90269_2011.pdf

Download (81kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemukan peneliti selama bertugas di SD Negeri 16 Timbalun . Pembelajaran yang dilakukan selama ini khususnya pada pelajaran IPS masih dilaksanakan secara konvesional yaitu dengan menggunakan metode ceramah, tidak mengunakan media dalam menanamkan konsep . Adapun tujuan diadakannya penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan dan hasil belajar khususnya dengan menggunakan pendekatan kontekstual . Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 16 Timbalun dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Jenis penelitiannya adalah jenis penelitian tindakan kelas Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.pada masing masing siklus. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan melalui pendekatan kontekstual meliputi perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar yang diperoleh. Perencanaan pembelajaran dilakukan melalui pendekatan kontekstual yang ditetapkan dalam bentuk rancangan pelaksanaan pembelajaran dapat terlaksana sesuai dengan langkah langkahnya . Dari pelaksanaan pembelajaran yang diamati oleh observer maka dalam pelaksaanan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual berjalan sesuai dengan yang diharapkan baik dari aspek guru maupun aspek siswa . Sedangkan hasil belajar yang diperoleh siswa mengalami peningkatan . Hal ini terbukti dari hasil rata rata siswa pada siklus I sebesar 74 % meningkat menjadi 84 %. Jadi bila dibandingkan dari siklus I ke siklus II maka hasil belajar siswa meningkat sebesar 10 %. Dengan demikian penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kontekstual terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran IPS .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan kontekstual, pembelajaran IPS, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:54
Last Modified: 06 Nov 2025 03:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28569

Actions (login required)

View Item
View Item