Pemilaian warga Belajar Terhadap Penggunaan Modul Matematika Sebagai Tugas Mandiri pada Paket B Setara SLTP Binaan BPKB Sumbar di Kecamatan Pauh Limo Kota Padang

Yulis, Syafni (2011) Pemilaian warga Belajar Terhadap Penggunaan Modul Matematika Sebagai Tugas Mandiri pada Paket B Setara SLTP Binaan BPKB Sumbar di Kecamatan Pauh Limo Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SYAFNI_YULIS_83063_2011.pdf] Text
final_B1_SYAFNI_YULIS_83063_2011.pdf

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya warga belajar Paket B setara SLTP Binaan BPKB Sumbar yang belum memahami dan bersungguhsungguh mengerjakan modul Matematika sebagai tugas mandiri mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang: (1) Penilaian warga belajar terhadap isi modul, (2) Penilaian warga belajar terhadap bahasa yang digunakan modul, (3) Penilaian warga belajar terhadap relevansi modul dengan kebutuhan warga belajar, (4) Penilaian warga belajar terhadap soal-soal (tugas) yang ada pada modul. Penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif yaitu untuk menggambarkan penilaian warga belajar terhadap penggunaan modul matematika sebagi tugas mandiri. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang dan teknik penarikan sampelnya adalah teknik sensus maka semua populasi menjadi sampel. Teknik dan alat pengumpulan data berupa angket dengan teknik analisis datanya menggunakan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh (1) Penilaian warga belajar terhadap isi modul Matematika sebagai tugas mandiri tergolong baik, (2) penilaian warga belajar terhadap bahasa yang digunakan modul Matematika tergolong cukup dapat dipahami, (3) penilaian warga belajar terhadap modul Matematika sebagai tugas mandiri tergolong cukup baik dilihar dari aspek relevansi modul dengan kebutuhan warga belajar, (4) penilaian warga belajar terhadap modul Matematika dilihat dari aspek soal-soal (tugas) yang ada pada modul tergolong cukup dikerjakan mereka. Jadi secara umum penilaian warga belajar terhadap modul Matematika sebagai tugas mandiri pada paket B setara SLTP binaan BPKB Sumbar cukup, baik dilihat dari aspek isi modul, bahasa yang digunakan modul, relevansi modul dengan kebutuhan dan soal-soal (tugas) yang ada pada modul. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikemukakan saran bagi tutor lebih ditingkatkan lagi dalam penyusunan materi pada modul Matematika, bagi warga belajar yang perlu ditingkatkan adalah keseriusan dalam mengerjakan materi yang ada pada modul Matematika dengan sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penilaian warga belajar, modul Matematika, tugas mandiri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:54
Last Modified: 06 Nov 2025 03:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28567

Actions (login required)

View Item
View Item