The Effect of Using Picture-cued Task on Students’ Ability in Producing Oral Recount Text at SMPN 7 Padang

Syafitri, Ramadhani (2011) The Effect of Using Picture-cued Task on Students’ Ability in Producing Oral Recount Text at SMPN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SYAFITRI_RAMADHANI_77072_5803_2011.pdf] Text
final_B1_SYAFITRI_RAMADHANI_77072_5803_2011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Picture-cued task terhadap kemampuan siswa dalam memproduksi teks recount lisan dalam keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris, perlu dilakukan sebuah penelitian. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pengamatan di lapangan bahwa kemampuan berbicara siswa Sekolah Menengah Pertama masih kurang baik. Beberapa masalah dari sudut pandang siswa dan guru masih ditemukan. Penelitian ini merupakan penelitian experimen yang mengemukakan hipotesis, yakni terdapat perbedaan yang berarti antara kemampuan siswa dalam memproduksi teks recount lisan yang diajarkan dengan teknik Picture-cued task daripada yang tidak diajarkan dengan teknik Picturecued task. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 7 Padang tahun ajaran 2010/2011. Sample diambil dengan teknik cluster sampling, sehingga diperoleh dua kelas dari kelas VIII 1 sebagai kelas experimen dengan jumlah siswa 29 orang dan kelas VIII 3 sebagai kelas control dengan jumlah siswa 31 orang. Data berupa nilai tes berbicara (speaking) lisan dari kedua kelompok sampel di analisis secara statistik dengan menggunakan rumus t-test, dan ditemukan t hitung sebesar 3,032, sedangkan t table sebesar 2,000 yang berarti t hitung > t table pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil hitungan ini, disimpulkan bahwa hipotesis alternative dalam penelitian ini diterima. Hal ini berarti bahwa penggunaan Picture-cued task dalam pembelajaran berbicara (speaking) dapat meningkatkan kemampuan berbicara (speaking) siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Picture-cued task, kemampuan berbicara, teks recount
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:54
Last Modified: 06 Nov 2025 03:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28561

Actions (login required)

View Item
View Item