Persepsi Siswa Prodi Teknik Kendaraan Ringan terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PPLK FT UNP dalam Pembelajaran Las di SMK N Palembayan

Syafei, Syafei (2011) Persepsi Siswa Prodi Teknik Kendaraan Ringan terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PPLK FT UNP dalam Pembelajaran Las di SMK N Palembayan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SYAFEI-76667-2012.pdf] Text
final_B1_SYAFEI-76667-2012.pdf

Download (252kB)

Abstract

Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) adalah kegiatan yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki kemampuan menggunakan ilmu yan dipelajarinya dalam situasi nyata, baik kegiatan mengajar maupun tugas-tugas non mengajar. Dalam melaksanakan PPLK , ada sebagian kecil dari siswa yang beranggapan bahwa keterampilan dasar mengajar yang dimilki oleh mahasiswa PPLK masih lemah. Anggapan semacam ini megakibatkan rendahnya minat dan motivasi siswa tersebut untuk mengikuti pelajaran yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPLK sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan tidak tercapai sepenuhnya. Oleh karen itu, penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya anggapan siswa bahwa mahasiswa yang sedang melaksanakan PPLK masih banyak yang kurang menguasai keterampilan dasar mengajar sehingga tidak dapat melakukan pengajaran dengan baik. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan dan menginterprestasi perspesi siswa prodi teknik kendaraan ringan SMK N 1 Palembayan terhadap mahasiswa PPLK FT UNP sesuai dengan apa adanya tentang keterampilan dasar mengajar mahasiswa FT UNP yang melaksanakan PPLK di SMK N 1 Palembayan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswa SMK N 1 Palembayan XI Prodi Teknik Kendaraan Ringan semester Januari- Juli tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 26. Sedangkan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling, karena populasi kurang dari 100. Sampel pada penelitian ini 26 orang siswa. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) yang menggunakan skala Linkert, sedangkan analisis data menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang keterampilan dasar mengajar mahasiswa FT UNP yang telah melaksanakan PPLK di SMK N 1 Palembayan, dari lima indikator yaitu keterampilan dasar bertanya menunjukkan persepsi siswa rata-rata sangat baik (87,3 %), keterampilan dasar memberi penguatan menunjukkan persepsi siswa rata-rata sangat baik (88,8 %), keterampilan variasi stimulus menunjukkan persepsi siswa rata-rat baik (80,4 %), keterampilan membuka dan menutup pelajaran adalah sangat baik (87 %) keterampilan pengelolaan kelas menunjukkan persepsi siswa adalah sangat baik dengan persentase (87,8) % dan secara umum keterampilan dasar mengajar mahasiswa jurusan Teknik Mesin yang sedang melaksanakan PPLK di SMK N 1 Palembayan adalah sangat baik dengan persentase 85,9%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PPLK, keterampilan dasar mengajar, persepsi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:53
Last Modified: 07 Nov 2025 00:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28556

Actions (login required)

View Item
View Item