Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Matematika Kelas XI IPS SMA Semen Padang

Duha, Adesnayanti Kristiani (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Matematika Kelas XI IPS SMA Semen Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_AYANTI KRISTIANI DUHA_79702.pdf] Text
final_B1_AYANTI KRISTIANI DUHA_79702.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal oleh kurangnya kemampuan siswa dalam
menyelesaikan soal yang berkaitan dengan pemahaman konsep sehingga hasil
belajar siswa menjadi rendah. Pada saat proses pembelajaran berlangsung guru
belum mengaktifkan siswa dan cenderung satu arah. Salah satu upaya yang
diperkirakan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa adalah
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam
pembelajaran matematika selama menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share? 2)Apakah pemahaman konsep matematika siswa yang diajar
dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada
siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional? Hipotesis penelitian adalah
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada siswa
menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMA Semen
Padang
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan deskriptif.
Penelitian deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan perkembangan aktivitas
belajar dan penelitian quasi eksperimen untuk melihat hasil kemampuan
pemahaman konsep di akhir penelitian. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI
IPS SMA Semen Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012 dan teknik
dalam penentuan sampel adalah sampel acak sederhana sehingga yang menjadi
sampel adalah kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3
sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes
pemahaman konsep berupa soal essai.
Dari hasil penelitian didapat rata-rata hasil tes akhir kelas eksperimen 21,85
sedangkan rata-rata hasil tes akhir kelas kontrol 19,13. Pada taraf ∝= 5%,
disimpulkan tolak h0. Ini berarti pemahaman konsep matematika siswa yang diajar
menggunakan TPS lebih baik dari siswa yang tidak diajar mengggunakan TPS.
Dari analisis lembar observasi terlihat bahwa aktivitas belajar siswa cenderung
meningkat pada setiap pertemuan di setiap aktivitas yang diperhatikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:51
Last Modified: 06 Nov 2025 03:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28546

Actions (login required)

View Item
View Item