Herliza, Susria (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar 40 Bukit Gado-Gado Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SUSRIA_HERLIZA_90341_2601_2011.pdf
Download (165kB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan diketahui kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah. Siswa kesulitan dalam memahami teks bacaan, menemukan ide pokok dari bacaan dan membuat ringkasan dari teks bacaan. Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran membaca pemahaman melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui pendekatan CTL pada siswa kelas IV SDN 40 Bukit Gado-Gado Kecamatam Padang Selatan Kota Padang. Pada peningkatan kemempuan membaca pemahaman melalui pendekatan CTL terdapat 7 langkah yaitu kontruktivisme, inkuiri, bertanya, mesyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian authentik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data penelitisn berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, dan dokumentasi. Sumber dat adalah proses pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman melalui pendekatan CTL di SDN 40 Bukit Gado-Gado Kecamatan Padang Selatan Kota Padang yang berjumlah sebanyak 18 orang. Prosedur penelitian dilakukan melalui tiga tahap yaitu : 1) tahap prabaca 2) tahap saatbaca 3) tahap pascabaca. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilakukan penelitian ini terlihat peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dari evaluasi tindakan siklus I rata-rata 72 % sedangkan pada evaluasi tindakan siklus II rata-rata 87% dari hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah pendekatan CTL dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bagi siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kemampuan membaca pemahaman, pendekatan CTL, peningkatan belajar siswa |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Faldo Aldiasep |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:50 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:50 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28536 |
