Aslamiya, Mar’atun (2014) Korelasi Antara Usia Kronologis Awal Masuk Sekolah terhadap Prestasi Belajar di SDN 09 Koto Luar, Padang Korelasional. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ATUN_ASLAMIYA_17941_5628_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di
lapangan yaitu banyaknya anak-anak yang disekolahkan pada usia kurang dari 7
tahun. Peneliti melihat anak-anak yang lebih cepat di masukkan ke Sekolah Dasar
banyak yang mengalami hambatan dalam belajar. Dengan masalah yang terjadi
tersebut, peneliti ingin memastikan apakah terdapat korelasi antara usia
kronologis awal masuk sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SDN 09 Koto
Luar, Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Korelasional, tujuannya ialah
untuk mencari bukti apakah terdapat hubungan antar variable. Data diperoleh
melalui metode dokumentasi yaitu melihat usia awal masuk sekolah siswa dan
nilai semester siswa kelas VI selama 11 semester. Analisis data yang digunakan
adalah Korelasi Product Moment dengan kriteria pengujian hipotesis diterima jika
rhit > rtab dan diluar kondisi tersebut hipotesis di tolak pada taraf signifikan 5%.
Hasil dari pengolahan data menunjukkan rhit=0,08 dan rtab=0,29, artinya H0
diterima.
Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang
signifikan antara usia kronologis awal masuk sekolah terhadap prestasi belajar di
SDN 09 Koto Luar, Padang. Untuk itu kepada pihak sekolah dan orang tua
disarankan agar tidak selalu terikat memasukkan anaknya kesekolah pada umur 7
tahun karena tidak akan mempengaruhi prestasi belajar anak asalkan anak tersebut
dibina dengan baik. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar lebih
memperhatikan lagi faktor-faktor yang tidak dikontrol oleh peneliti.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:50 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 00:57 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28535 |
