Pengaruh Penggunaan Teknik Observasi Langsung terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Padang

Handayani, Susila (2014) Pengaruh Penggunaan Teknik Observasi Langsung terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SUSILA_HANDAYANI_53245_1372_2014.pdf] Text
final_B1_SUSILA_HANDAYANI_53245_1372_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini. Pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang sebelum diberi perlakuan menggunakan teknik observasi langsung. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang setelah diberi perlakuan teknik observasi langsung. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik observasi langsung terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode Eksperimen. Desain penelitian ini adalah satu kelas diberikan tes di awal (pretest) kemudian diberikan pelakuan dan diberikan tes akhir (postest) disebut juga dengan (The One Group Pretes-Postest). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik bertujuan (purposive sampling). Tes yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah hasil tulisan pretest dan postes kemampuan menulis deskripsi sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan menggunakan teknik observasi langsung siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Berdasarkan hasil analisis data, dan pembahasan dapat disimpulkan halhal berikut. Pertama, kemampuan menulis deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang sebelum diberi perlakuan menggunakan teknik observasi langsung berada pada kualisifikasi Cukup (CK) dengan nilai rata-rata 66,67 . Kedua, kemampuan menulis deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang set elah diberi perlakuan menggunakan teknik observasi langsung berada pada kualisifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 79,66. Ketiga, berdasarkan uji hipotesis disimpulakan bahwa hipotesis alternatif (H dan derajat (dk) = (n 1 + n 2 1 ) diterima pada taraf signifikan 0,05 )-2= (32+32)-2= 62, didapat t t abel 1,67 dan t 3,36. Jadi, (t hitung 3,36 > t 1,67). Dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik pembelajaran observasi langsung terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis deskripsi, teknik observasi langsung, kemampuan menulis siswa
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:48
Last Modified: 07 Nov 2025 00:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28524

Actions (login required)

View Item
View Item