Pengembangan Sains Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Alam di Kelompok B4 TK Negeri Pembina Ampek Angkek Kab. Agam

Dewi, Susi Novia (2011) Pengembangan Sains Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Alam di Kelompok B4 TK Negeri Pembina Ampek Angkek Kab. Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SUSI_NOVIA_DEWI_08332_2011.pdf] Text
final_B1_SUSI_NOVIA_DEWI_08332_2011.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya perkembangan kemampuan sains anak usia dini di kelompok B4 TK Negeri Pembina Ampek Angkek pada tahun 2010-2011 semester II yang meliputi kemampuan sains anak dalam mengklasifikasikan benda, menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyebutkan asal mula tentang lingkungan. dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran peningkatan kemampuan sains anak usia dini melalui Pembelajaran Berbasis Alam. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yaitu tindakan reflektif oleh pelaku tindakan untuk pengajaran dengan melakukan perubahanperubahan serta mempelajari akibat dari perubahan kemampuan anak terhadap pengembangan sains. Subjek penelitian ini adalah anak dari kelompok B4, dengan jumlah 18 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan rentang waktu selama 2 bulan,jumlah pertemuan sebanyak 3 kali pertemuan tiap siklusnya. Perlakuan tiap siklus dilakukan dengan tindakan pada siklus I kegiatan menanam biji kacang hijau dan biji jagung secara bersama sedangkan pada siklus II peneliti memberikan kesempatan kepada anak mencampur warna dan membuat balon sabun. Berdasarkan analisis data dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan. Hasil penelitian mengungkap bahwa kemampuan sains anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, menunjukkan aktivitas yang bersifat menyelidik dan eksploratif serta menyebutkan asal mula sesuatu benda tentang lingkungan berkembang dengan baik, dimana lebih dari separoh anak memiliki kemampuan dalam mengenal sains dengan baik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengembangan kemampuan sains anak dalam a) mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, b) menunjukkan aktivitas yang bersifat menyelidik dan eksploratif serta c) menyebutkan asal mula sesuatu benda tentang lingkungan. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan orang tua dan guru untuk dapat memberikan pembelajaran berbasis alam dalam mengembangkan sains anak usia dini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan sains anak, pembelajaran berbasis alam, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:48
Last Modified: 06 Nov 2025 03:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28523

Actions (login required)

View Item
View Item