Penerarapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Vokal di SMA Ngeri. 2 Lubuk Basung

Atmiwarti, Atmiwarti (2010) Penerarapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Vokal di SMA Ngeri. 2 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ATMIWARTI_94038_2221_2011.pdf] Text
final_B1_ATMIWARTI_94038_2221_2011.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar vokal siswa
dengan memakai metode pembelajaran Kooperatif pada SMA negeri 2 Lubuk
basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dengan data awal
bersifat kuantitatif berdasarkan dari dua kelompok sampel yang setara tetapi
subjeknya berbeda, dengan objek penelitian adalah siswa kelas X-B sebagai
kelas konvensional dan kelas X-C sebagai kelas Kontrol. Sedangkan teknik
pengumpulan data adalah teknik konsioner dengan menggunakan instrument
yaitu tes hasil belajar
Dari analisa data selama penelitian menunjukan bahwa, penerapan
model pembelajaran Kooperatif lebih baik hasilnya dari pada pembelajaran
Konvensional. Dapat dilihat dari rata-rata Hasil belajar siswa menggunakan
metode pembelajaran Kooperatif adalah 8,13dan simpangan baku 0,59,
sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode
konvensional 7,25 dan simpangan baku 0,70 dan hasil uji-t yaitu t hitung
adalah 5,44 berada di luar daerah -2,00dengan 2,00, Ho ditolak, artinya ada
perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode kooperatif dengan
metode konvensional sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:48
Last Modified: 07 Nov 2025 00:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28522

Actions (login required)

View Item
View Item