Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan PKN pada SMP di Kota Padang

Denika, Yulastri (2011) Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan PKN pada SMP di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YULASTRI_DENIKA_79247_1458_2011.pdf] Text
final_B1_YULASTRI_DENIKA_79247_1458_2011.pdf

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan PKN Semester Juli-Desember 2009 dan semester Juli- Desember 2010 Pada SMP di Kota Padang”.yang meliputi: a) keterampilan dasar bertanya, b) keterampilan dasar memberi penguatan, c) keterampilan dasar mengadakan variasi, d) keterampilan dasar menjelaskan, e) keterampilan dasar membuka dan menutup pelajaran, f) keterampilan dasar mengelola kelas. Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah guru pamong bidang studi pendidikan kewarganegaraan pada semester Juli-Desember 2009 dan semester Juli-Desember 2010. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, dengan jumlah responden sebanyak 40 orang.Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa PLK PKN semester Juli-Desember 2009 dan semester Juli-Desember 2010 yang terdiri atas: a) keterampilan dasar bertanya, b) keterampilan dasar memberi penguatan, c) keterampilan dasar mengadakan variasi, d) keterampilan dasar menjelaskan, e) keterampilan dasar membuka dan menutup pelajaran, f) keterampilan dasar mengelola kelas. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan jumlah pertanyaan 32 butir. Data hasil penelitian kemudian diolah dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar bertanya cukup terampil dengan tingkat capaian responden sebesar 62,95%. 2) persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar memberi penguatan kurang terampil dengan tingkat capaian responden sebesar 50,125%. 3) persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar mengadakan variasi kurang terampil dengan tingkat capaian responden sebesar 53,25%. 4) persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar menjelaskan cukup terampil dengan tingkat capaian responden sebesar 65,8%. 5) persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar membuka dan menutup pelajaran cukup terampil dengan tingkat capaian responden sebesar 69,92%. 6) persepsi guru pamong terhadap keterampilan dasar mengelola kelas cukup terampil dengan tingkat capaian responden sebesar 65,83%

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GURU PAMONG, KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:48
Last Modified: 06 Nov 2025 03:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28520

Actions (login required)

View Item
View Item