Improving Students’ Ability in Writing Narrative Texts through Story Grammar: A Classroom Action Research at Grade XI of SMAN 3 Kota Solok

Susi, Hermiati (2010) Improving Students’ Ability in Writing Narrative Texts through Story Grammar: A Classroom Action Research at Grade XI of SMAN 3 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SUSI_HERMIATI_72653_2092_2011.pdf] Text
final_B1_SUSI_HERMIATI_72653_2092_2011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta bahwa terdapat beberapa masalah dan kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam menulis teks naratif dalam proses belajar mengajar di kelas XI IS 3 SMAN 3 Kota Solok. Beberapa masalah tersebut adalah kebanyakan siswa tidak tahu bagaimana cara mengembangkan idenya menjadi teks naratif berdasarkan kriteria teks itu sendiri, mereka tidak tahu bagaimana menyusun kata menjadi sebuah kalimat yang benar, mereka merasa bahwa menulis merupakan hal yang sulit dan tidak menyenangkan, mereka tidak diberikan strategi yang menarik dalam kegiatan menulis untuk mengembangkan ide mereka dalam proses menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa dalam menulis teks naratif dengan menggunakan story grammar dan untuk menemukan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan siswa menulis teks naratif dengan menggunakan story grammar tersebut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari enam kali pertemuan. Urutan kegiaan pada setiap siklus yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Peserta penelitian ini adalah siswa XI IS 3 SMAN 3 Kota Solok pada tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 40 orang dan 1 orang kolaborator. Data dikumpulkan melalui hasil observasi, tes menulis, angket dan catatan lapangan selama penelitian berlangsung. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks naratif. Hal ini dapat dilihat dari data yang diperoleh dari hasil observasi bahwa siswa mampu menulis teks naratif dengan mudah dan antusias dengan menggunakan story grammar. Data ini juga didukung oleh hasil test siswa yang menunjukan peningkatan kemampuan siswa yang dilihat dari beberapa indikator seperti orientation, complication, resolution dan language features dan juga nilai rata-rata siswa yang mencapai 79.37 pada siklus ke 2. Disamping itu, hasil catatan lapangan dan juga angket yang diberikan kepada siswa juga mendukung data di atas bahwa siswa mampu menulis teks naratif berdasarkan kriteria teks naratif dengan menggunakan story grammar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa story grammar dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XI IS 3 SMAN 3 Kota Solok dalam menulis teks naratif dan faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah (1) Siswa melakukan proses menulis teks naratif secara terus-menerus, (2) siswa diberikan latihan dan instruksi yang jelas yang membantu siswa dalam menulis teks naratif dengan mudah (3) siswa dibantu untuk menambah kosa kata berdasarka story grammar yang diberikan, (4) story grammar dapat merubah suasana belajar menjadi menarik dan menyenangkan, (5) kerjasama kolaborator di kelas membantu siswa serius dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis teks naratif, story grammar, kemampuan menulis siswa
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:48
Last Modified: 07 Nov 2025 00:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28518

Actions (login required)

View Item
View Item