Hairani, Susi (2012) Peningkatan Penanaman Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di TK. Kasih Ibu. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SUSI HAIRANI_58648_2012.pdf
Download (280kB)
Abstract
Penanaman moral anak di TK. Kasih Ibu masih rendah dan teknik guru dalam upaya penanaman moral terhadap anak kurang bervariasi, banyak anak didik yang belum memahami baik atau buruk perbuatan yang mereka lakukan serta akibat dari apa yang mereka lakukan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan penanaman moral anak melalui metode bercerita di TK. Kasih Ibu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reaserch) yaitu suatu penelitian yang meningkatkan mutu pembelajaran. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian pada setiap siklus telah menggambarkan adanya peningkatan tentang penanaman moral anak. Penelitian ini bermanfaat bagi anak yaitu untuk meningkatkan sikap positif anak melalui cerita yang mengenalkan perbuatan baik dan buruk, disamping itu penelitian ini juga bermanfaat bagi orang tua, guru, sekolah dan peneliti. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan didapatkan bahwa peningkatan penanaman moral anak melalui metode bercerita meningkat. Kondisi awal sebelum dilakukan tindakan persentase kemampuan anak kategori tinggi rendah, pada siklus I meningkat dan pada siklus II terus ada peningkatan. Hal ini menunjukan bahwa adanya peningkatan penanaman moral anak dari sebelum tindakan sampai dilakukan siklus II. Sehingga bisa disimpulkan salah satu cara untuk meningkatkan penanaman moral anak dapat dilakukan melalui metode bercerita. Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan sikap positif anak usia dini melalui cerita yang mengenalkan perbuatan-perbuatan baik dan buruk bagi pendidik. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang pembelajaran penenanaman moral anak usia dini untuk lembaga pendidikan, penelitian dapat memberikan gambaran tentang kebutuhan media pembelajaran yang menunjang penanaman moral anak usia dini
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | penanaman moral anak, metode bercerita, pendidikan anak usia dini |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
| Depositing User: | Faldo Aldiasep |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:48 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:48 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28514 |
