Hedsya, Atika (2011) Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Metode Pemberian Tugas pada Mata Pelajaran TI&K di Kelas VIII SMP Negeri 5 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ATIKA_HEDSYAH_79005_897_2011.pdf
Download (11MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 5 Gunung
Talang terlihat bahwa guru, membiarkan siswa pasif dalam belajar, guru jarang
memeriksa tugas siswa dan membahas kembali materi tersebut, sehingga siswa
tidak termotivasi untuk dapat menggali sendiri pemahamannya pada pelajaran
TI&K. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi atau mengetahui
bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pemberian tugas
pada mata pelajaran TI&K di kelas VIII SMP Negeri 5 Gunung Talang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
bersifat deskriptif analitik. Sumber data adalah guru bidang studi TI&K dan siswa
kelas VIII SMP Negeri Gunung Talang. Instrumen yang digunakan adalah
pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
mengumpulkan, mengidentifikasi, mengklasifikasi, mendeskripsikan dan
membahas serta menyimpulkan hasil deskripsi data. Teknik pemeriksaan
keabsahan data dilakukan dengan cara-cara, yaitu : kredibilitas, tranfebilitas,
triangulasi, menggunakan bahan referensi, pemeriksaan sejawat dan audit dengan
pembimbing.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa di dalam persiapan guru membuat
persiapan rancangan pengajaran, konsep tugas yang akan diberikan kepada siswa
dan memeriksa keadaan komputer sebelum digunakan oleh sisiwa sedangakan
dari segi persiapan siswa ada sebagaian siswa yang belum siap untuk belajar dan
ada yang telah belajar dirumah. Kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran
TI&K dengan menggunakan metode pemberian tugas, ditemukan bahwa guru
tidak selalu menyampaikan tujuan pembelajaran dan langkah-langkah dalam
mengerjakan tugas kepada siswa, namun hanya arahan kegiatan yang akan
dilakukan. Dalam kegiatan tindak lanjut terhadap tugas siswa, guru melakukan
pemeriksaan dan memberi penilaian, namun terlihat jarangnya guru mengulang
dan membahas kembali materi tentang tugas tersebut serta diberikannya tes
kepada siswa. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam
pelajaran TIK di SMP Negeri 5 Gunung Talang guru telah menggunakan metode
pemberian tugas untuk mendukung proses pembelajaran, namun belum digunakan
secara maksimal.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:47 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 00:53 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28512 |
