Hubungan Pengetahuan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Pariaman

Gusriani, Atika (2011) Hubungan Pengetahuan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ATIKA_GUSRIANI_86471_5118_2011.pdf] Text
final_B1_ATIKA_GUSRIANI_86471_5118_2011.pdf

Download (447kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang hal berikut.
Pertama, pengetahuan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pariaman. Kedua,
keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pariaman.
Ketiga, hubungan antara pengetahuan kosakata dengan keterampilan menulis
karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode
deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6
Pariaman tahun ajaran 2010/2011. Populasi berjumlah sebanyak 85 orang dan
tersebar dalam tiga kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 66 orang.
Data penelitian ini berupa hasil tes objektif berbentuk pilihan ganda untuk
tes pengetahuan kosakata yang terdiri dari 35 butir soal. Data keterampilan
menulis karangan narasi siswa diperoleh dengan melakukan tes unjuk kerja. Data
yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sesuai indikator untuk mendapatkan
skor dan nilai siswa.
Berdasarkan pengolahan data dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh
hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, rata-rata tingkat pengetahuan kosakata
siswa kelas VII SMA Negeri 6 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup
(68,27) pada rentangan 66 – 75 %. Kedua, rata-rata keterampilan menulis
karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pariaman tergolong lebih dari
cukup (74,07) pada rentangan 66 – 75 %. Ketiga, terdapat hubungan positif yang
signifikan antara pengetahuan kosakata dengan keterampilan menulis karangan
narasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pariaman, diperoleh nilai t hitung sebesar
15,47 lebih besar dari t tabel dengan derajat kebebasan (n-2) dan taraf signifikansi
95% yaitu sebesar 0,89.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:47
Last Modified: 06 Nov 2025 03:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28511

Actions (login required)

View Item
View Item