Zikriah, Zikriah (2011) Manfaat Mempelajari Teknik Laboratorium Konseling bagi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam Pengembangan Komunikasi Antarpribadi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ZIKRIAH_79061_5969_2011.pdf
Download (278kB)
Abstract
Mata kuliah teknik laboratorium konseling, bermanfaat untuk
mengembangkan kepribadian, prinsip, keterampilan yang harus dimiliki
konselor. Terutama dalam pengembangan komunikasi antarpribadi baik di
dalam maupun di luar suasana konseling. Komunikasi merupakan kecakapan
dasar yang harus dimiliki oleh setiap konselor. Kenyataannya, rata-rata
mahasiswa belum menunjukkan perolehan manfaat dari mempelajari teknik
laboratorium konseling dalam pengembangan komunikasi antarpribadi seperti
menyela pembicaraan, terlalu banyak berbicara tentang diri sendiri, menguap,
membuang pandangan, berbicara menyimang dari topik, menceramahi, dan
berlagak intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat
mempelajari teknik labor konseling bagi mahasiswa jurusan bimbingan dan
konseling dilihat dari aspek: 1). keterbukaan, 2). empati, 3). bersikap suportif,
4). bersikap positif, dan 5). kesamaan persepsi dalam pengembangan
komunikasi antarpribadi.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrument yang
digunakan adalah angket skala. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa BK FIP UNP tahun masuk 2008 sebanyak 155 orang dan sampel
berjumlah 61 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional
random sampling. Data dianalisis menggunakan teknik persentase.
Temuan penelitian mengungkapkan manfaat yang diperoleh mahasiswa
setelah mempelajari teknik laboratorium konseling: 1). keterbukaan mahasiswa
telah memperoleh manfaat, 2). empati bermanfaat, 3). bersikap suportif belum
bermanfaat, 4). bersikap positif belum bermanfaat, dan 5). kesamaan persepsi
kurang bermanfaat dalam pengembangan komunikasi antarpribadi. Berdasarkan
hasil penelitian disarankan bagi dosen mata kuliah teknik laboratorium
konseling agar:1) membimbing dan melatih mahasiswa agar manfaat yang
diperoleh dapat teraplikasi di luar dan di dalam suasana konseling, 2)
melatihkan kepada mahasiswa suasana-suasana yang berkaitan dengan
penumbuhan rasa empati, 3) menjelaskan tentang ciri-ciri sikap konselor yang
efektif dan melatihkannya kepada mahasiswa, 4) merevisi metode pengajaran
dan pelatihan yang diberikan kepada mahasiswa agar apa yang dipelajari dapat
mempribadi dalam diri mahasiswa, 5) menjadikan hasil penelitian sebagai
acuan dalam menetapkan kemampuan dasar, standar kompetensi dan evaluasi
bagi mahasiswa bimbingan dan konseling.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 10:16 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 10:17 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28504 |
