Kurniati, Atik (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun dengan Menggunakan Media Gambar bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 17 Parak Karakah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ATIK_KURNIATI_83307_2011.pdf
Download (157kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah guru masih menggunakan metode
klasikal maksudnya mengajar masih dengan cara berceramah, dan media
kurang difungsikan bahkan tidak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatan keterampilan
menulis pantun bagi siswa kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah
mendiskripsikan peningkatan keterampilan menulis pantun bagi siswa kelas
IV SD.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif,
dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas, kegiatan
pelaksanaan penelitian yang terdiri dari tahap prapenulisan, penulisan, dan
pascapenulisan. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD yang
berjumlah 25 orang yang terdiri dari 10 perempuan dan 15 laki-laki. Data
penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari
hasil pengamatan, hasil observasi.
Hasil penelitian Siklus I pada tahap penulisan guru memajang gambar,
dan mengumpulkan kata-kata dengan memperhatikan gambar, dan pada tahap
penulisan diminta untuk memilih kata-kata dan mengembangkannya menjadi
kalimat dengan memperhatikan ciri-ciri dari pantun, tahap terakhir yaitu
menempel pantun. Pada siklus satu ini siswa mendapatkan nilai rata-rata
69,5% pada tahap pra penulisan, sedangkan pada tahap penulisan dan pasca
penulisan siswa mendapatkan nilai rata-rata 69,9%. Sehingga nilai rata-rata
kegiatan siswa siklus I adalah 69,7 % dengan kualifikasi cukup. Sedangkan
pada siklus II, kegiatan belajar lebih ditingkatkan dan media yang digunakan
lebih menyenangkan dan menarik, dengan memakai gambar yang warnanya
yang bervariasi dan memberikan semangat dan reward kepada siswa sehingga
mereka bersemangat dalam belajar, dan siswa sudah merasa mahir dalam
menulis pantun. Pada siklus II ini siswa mendapatkan nilai rata-rata
prapenulisan 85,5%, selanjutnya nilai rata-rata penulisan dan pasca penulisan
80,71 %. Sehingga nilai rata-rata keseluruhan siswa pada siklus II yaitu
menjadi 82,3% dengan kualifikasi baik, dan mengalami peningkatan 12,6%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 10:15 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 10:15 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28496 |
