Pengembangan Powerpoint sebagai Media Interaktif pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Angka Mata Pelajaran TI&K untuk Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Solok

Syukma, Athma Dian (2013) Pengembangan Powerpoint sebagai Media Interaktif pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Angka Mata Pelajaran TI&K untuk Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ATHMA_DIAN_SUKMA_04016_2013.pdf] Text
final_B1_ATHMA_DIAN_SUKMA_04016_2013.pdf

Download (520kB)

Abstract

Sehubungan dengan tanggung jawab profesional guru dalam proses
pembelajaran, maka setiap guru dituntut untuk menyiapkan segala sesuatu yang
berhubungan dengan program pembelajaran yang akan berlangsung, salah satunya
adalah keterampilan mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran
dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan
mengembangkan Powerpoint sebagai media interaktif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan
model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Namun dalam penelitian
ini tahap disseminate tidak dilakukan. Tahap define terdiri dari analisis kurikulum,
analisis siswa dan analisis media. Tahap design dilakukan perancangan media
interaktif. Tahap develop dilakukan melalui uji validitas oleh validator dan uji
praktikalitas pada guru dan siswa di SMPN2 Kota Solok kelas VIII4. Data yang
dikumpulkan dari penelitian ini adalah hasil analisis kurikulum, analisis siswa,
analisis media, pengembangan powerpoint sebagai media interaktif serta uji
validitas dan praktikalitas guru dan siswa terhadap media interaktif yang
dihasilkan. Data uji validitas dan praktikalitas dianalisis dengan analisis
deskriptif.
Pada penelitian ini telah berhasil dibuat media interaktif pada materi
perangkat lunak pengolah angka dengan menggunakan program powerpoint. Uji
validitas dilakukan oleh 4 orang validator untuk aspek materi, latihan, media dan
aspek bahasa. Hasil uji validitas menunjukkan media yang dikembangkan valid
dengan revisi ringan dengan nilai rata-rata 87%. Hasil uji praktikalitas pada guru
dan siswa terhadap aspek manfaat yang didapat, kemudahan dalam penggunaan
dan kesesuaian dengan waktu menunjukkan media yang di kembangkan secara
umum adalah sangat praktis dengan rata-rata yang di dapat dari guru 93% dan
rata-rata yang didapat dari siswa 81,2%. Dapat disimpulkan bahwa media
powerpoint yang yang dikembangkan pada penelitian ini masuk kedalam kategori
sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 05 Nov 2025 10:15
Last Modified: 05 Nov 2025 10:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28494

Actions (login required)

View Item
View Item