Astutiatun, Astutiatun (2011) Peningkatan Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Bagi Siswa Kelas V SDN 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ASTUTIATUN_93607_2011.pdf
Download (238kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa dalam proses
pembelajaran masih bersifat monoton, guru lebih banyak menggunakan metode
ceramah. Pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa kurang
berkembang dengan baik, sehingga hasil belajar PKn siswa belum sesuai dengan
yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan
metode bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses
pembelajaran PKn di kelas V SDN 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang.
Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, catatan lapangan,
dokumentasi dan hasil tes.
Metode bermain peran merupakan pembelajaran yang diupayakan agar
dapat membina interaksi antara siswa sehingga kemampuan kognitif, afektif dan
psikomotor siswa dapat dikembangkan dengan baik. Metode bermain peran ini
dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan tindak
lanjut.
Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan pemahaman dan hasil
belajar PKn siswa kelas V SDN 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang.
Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh siswa pada siklus I nilai rata-rata
yang diperoleh siswa 62% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan ratarata yang diperoleh yaitu 87%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 10:13 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 10:13 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28488 |
