Rahmi A. R, Rahmi A. R (2011) peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatakan Keterampilan Proses pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 55 Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RAHMI_A_R_52145_2656_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti di SD Negeri 55 Kota Payakumbuh,
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) selama ini masih bersifat
konvensionl dan berpusat pada guru, sehingga minat dan hasil belajar siswa masih
rendah. Untuk itu penulis mengadakan penelitian tindakan kelas akan
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan
pendekatan keterampilan proses di kelas IV SD Negeri 55 Kota Payakumbuh.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research),
dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian
ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I peneliti melakukan perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan pada siklus II peneliti juga
melakukan hal yang sama dengan siklus I yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil
tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktifitas guru dan
siswa, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV SD Negeri 55 Kota Payakumbuh yang berjumlah 22 orang dengan
rincian 11 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan terdapat peningkatan
hasil belajar siswa pada siklus I hasil belajar aspek kognitif 64% dengan kriteria
belum tuntas secara klasikal. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 73%
dengan kriteria tuntas. Hasil belajar aspek afektif pada siklus I termasuk kriteria
kurang dengan persentase perolehan 65% dan pada siklus II meningkat menjadi
89%. Sedangkan aspek psikomotor siklus I memperoleh persentase 64% dan pada
siklus II meningkat menjadi 83%. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat
peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 10:12 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 10:12 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/28481 |
