Kualitas Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Padang Utara

Hasanah, Iwetul (2019) Kualitas Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Padang Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_IWETUL_HASANAH_15002060_3955.pdf] Text
B1_01_IWETUL_HASANAH_15002060_3955.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari berbagai permasalahan bahwa masih
belum berkualitasnya pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di Sekolah
Menengah Pertama Negeri Kecamatan Padang Utara. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kualitas pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di
Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Padang Utara, dilihat dari aspek:
1) menetapkan kebijakan program secara tertulis, 2) mengacu pada standar sarana
dan prasarana pendidikan, 3) sosialisasi program pengelolaan sarana dan
prasarana pendidikan, 4) pengelolaan sarana dan prasarana sekolah, 5)
pengelolaan perpustakaan sekolah, 6) pengelolaan laboratorium dan, 7)
pengelolaan fasilitas fisik untuk kegiatan ekstrakurikuler.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian
ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengelola sarana dan prasarana
pendidikan dan guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Padang
Utara yang berjumlah 138 orang. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian
adalah 68 orang yang diambil dari populasi dengan menggunakan teknik
Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket
menggunakan model skala Likert dengan lima pilihan jawaban yang telah diuji
validitas dan reliabilitasnya menggunakan bantuan SPSS versi 16.0. Data
dianalisis dengan menggunakan rumus persentase ketercapaian skor.
Hasil analisis data menunjukkan kualitas pengelolaan sarana dan prasarana
pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Padang Utara,
dilihat dari aspek : 1) menetapkan kebijakan program secara tertulis berada pada
kategori baik dengan skor 84,24%, 2) mengacu pada standar sarana dan prasarana
pendidikan berada pada kategori baik dengan skor 84,71%, 3) sosialisasi program
pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan berada pada kategori baik dengan
skor 84,71%, 4) pengelolaan sarana dan prasarana sekolah berada pada kategori
baik dengan skor 86,18%, 5) pengelolaan perpustakaan sekolah berada pada
kategori baik dengan skor 81,24%, 6) pengelolaan laboratorium berada pada
kategori baik dengan skor 83,91% dan, 7) pengelolaan fasilitas fisik untuk
kegiatan ekstrakurikuler berada pada kategori cukup baik dengan skor 74,66%.
Jadi secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kualitas pengelolaan sarana dan
prasarana pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Padang
Utara berada pada kategori baik dengan perolehan skor rata-rata tingkat
pencapaian 82,81%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 27 Feb 2025 04:12
Last Modified: 27 Feb 2025 04:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2848

Actions (login required)

View Item
View Item